kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada 6 Penyebab Diare yang Perlu Anda Ketahui


Rabu, 30 Maret 2022 / 15:12 WIB
Waspada 6 Penyebab Diare yang Perlu Anda Ketahui
ILUSTRASI. Waspada 6 Penyebab Diare yang Perlu Anda Ketahui


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Diare adalah gangguan sistem pencernaan dalam tubuh. Penyebab diare bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah asupan makanan yang dikonsumsi. 

Saat mengalami diare, penderitanya akan merasa sembelit dan menimbulkan rasa tidak nyaman karena harus bolak balik ke kamar mandi. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu aktivitas yang harus dilakukan.

Selain itu, ada beberapa penyebab diare jika dibiarkan akan berbahaya bagi kesehatan khususnya sistem pencernaan. 

Baca Juga: Gampang, Begini Cara Download Instagram Stories Melalui StorySaver

Selain membuat penderitanya bolak-balik toilet, diare kerap menimbulkan gejala lain seperti kembung, mual hingga muntah-muntah. 

Biasanya kebanyakan penyebab diare itu disebabkan oleh asupan makanan yang kurang baik. Contohnya seperti kadaluarsa, basi, atau makanan mentah. 

Merangkum dari Very Well Health, terdapat beberapa penyebab diare yang perlu diwaspadai supaya Anda bisa menghindari diare saat melakukan berbagai aktivitas. Penyebab diare tersebut di antaranya: 

1. Alkohol

Penyebab diare yang pertama adalah terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol. Hal tersebut dikarenakan alkohol bisa menurunkan kinerja usus besar sehingga air tidak bisa terserap secara maksimal, akibatnya tinja pun mengandung banyak air yang membuat mules.

2. Irritable Bowel Syndrome

Irritable Bowel Syndrome (IBS) merupakan salah satu penyebab diare juga yang harus diwaspadai. Jika Anda mengalami IBS segera periksa ke dokter, pasalnya gejala IBS biasanya relatif lama. 

3. Obat Tertentu 

Mengkonsumsi obat-obat tertentu bagi sebagian orang dapat menyebabkan diare. Salah satunya seperti pengobatan kemoterapi. 

Jika setelah melakukan pengobatan Anda mengalami diare yang cukup parah, segera hubungi dokter atau tenaga medis. Pasalnya, ditakutkan diare tersebut menjadi tanda adanya gangguan kesehatan lain. 

Baca Juga: Mengandung Banyak Nutrisi, Ketahui 7 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

4. Alergi Makanan 

Penyebab diare lainnya adalah alergi makanan. Salah satunya penyebab diare satu ini sangat mungkin bisa dihindari, jika Anda mengetahui makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi. 

Biasanya jika diare disebabkan oleh alergi makanan, reaksi alergi tersebut akan mulai terasa dalam kurun waktu 24 jam. 

5.  Keracunan Makanan 

Selain alergi makanan, keracunan makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab diare. Pasalnya, makanan yang sudah terkontaminasi dengan bakteri sangat mungkin bisa menjadi penyebab diare atau gangguan pencernaan lainnya. 

6. Flu Perut 

Flu perut adalah salah satu penyebab diare yang perlu Anda ketahui. Flu perut terjadi karena perut terinfeksi oleh virus-virus yang dapat mengganggu sistem pencernaan. 

Selain menjadi penyebab diare, flu perut juga menimbulkan rasa demam hingga muntah-muntah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×