Waspada 6 Penyebab Benjolan di Leher yang Mungkin Anda Alami

Senin, 19 September 2022 | 14:51 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Waspada 6 Penyebab Benjolan di Leher yang Mungkin Anda Alami

ILUSTRASI. benjolan di leher


KONTAN.CO.ID - Muncul benjolan di leher? Jika Anda mengalami hal serupa sebaiknya Anda perlu sedikit waspada. Ada beberap penyebab benjolan di leher yang penting untuk diketahui. 

Pasalnya, penyebab benjolan juga bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan organ tubuh di area tersebut, seperti telinga, tenggorokan dan lain sebagainya.

Ukuran, tekstur dan rasa sakit benjolan di leher biasanya menggambarkan penyebabnya. Jika Anda mengalami benjolan di leher segeralah untuk memeriksa kondisi kesehatan Anda ke dokter atau tenanga medis terdekat agar bisa segera ditangani.

Baca Juga: Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Gratis, Sudah Coba TikMate?

Melansir dari Health Grades, ada beberapa penyebab munculnya benjolan di leher yang perlu diwaspadai. Di antaranya: 

1. Autoimun

Waspada penyebab benjolan di leher bisa disebabkan oleh penyakit autoimun. Salah satu penyakit autoimun yang dimaksud adalah penyakit lupus. Oleh karena itu segeralah periksa jika benjolan menimbulkan berbagai gejala lain.

2. Infeksi

Adanya infeksi beberapa organ di area leher juga bisa menjadi penyebab munculnya benjolan. Contohnya, seperti flu, amandel, infkesi telinga dibeberapa kasus menimbulkan gejela munculnya benjolan di leher.

Baca Juga: Klasemen BRI Liga 1 Pekan 11: Papan Atas Sengit, Persib Bandung vs Persija Jakarta

3. Kista

Penyebab benjolan di leher lainnya bisa disebabkan oleh kista. Kista adalah kantung berisi cairan yang biasanya ada di bawah lapisan kulit. 

4. Gigitan Serangga

Jika Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan hati-hati terhadap gigitan serangga. Pasalnya, gigitan serangga bisa menjadi penyebab munculnya benjolan di leher. Segeralah memeriksakan ke dokter sebelum benjolan menjadi lebih parah. 

5. Tumor dan Kanker 

Tumor dan kanker merupakan penyebab munculnya benjolan di leher yang sangat perlu Anda waspadai. Segeralah periksa benjolan sebelum berbahaya bagi kesehatan Anda sendiri.

Baca Juga: Top Skor BRI Liga 1 2022/2023: Pekan 10 David da Silva Samai Gol Matheus Pato

6. Alergi Obat dan Makanan 

Bagi sebagian orang yang alergi terhadap obat atau makanan tertentu dapat menimbulkan benjolan di leher juga loh. Maka dara itu, hindari makanan atau obat yang dapat menimbulkan reaksi alergi. 

Demikian beberapa penyebab benjolan di leher yang perlu Anda waspadai. Disarankan untuk segera periksa ke dokter agar penyebab benjolan tersebut bisa segera diobati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru