kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,22   -11,30   -1.21%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada 5 Penyebab Sesak Napas yang Wajib Anda Ketahui


Kamis, 28 Juli 2022 / 13:57 WIB
Waspada 5 Penyebab Sesak Napas yang Wajib Anda Ketahui
ILUSTRASI. Sesak napas


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Sesak napas adalah kondisi di mana Anda kesulitan untuk bernapas. Penyebab sesak napas bisa disebab oleh banyak hal yang perlu Anda waspadai.

Selain itu, mengetahui penyebab sesak napas sesegera mungkin juga mempunyai manfaat lain. Di antaranya supaya terhindari dari penyakit yang lebih serius. 

Meskipun, penyebab sesak napas tidak melulu disebabkan oleh hal-hal yang serius. Ada juga faktor penyebab sesak napas yang masih dapat Anda kontrol. Contohnya, seperti berolahraga. 

Baca Juga: Top Skor BRI Liga 1 2022/2023: Lulinha Stiker Madura United Memimpin Dengan 3 Gol

Terlebih jika Anda sering mengalami sesak napas yang relatif sering. Sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi kesehatan dan gejala yang dialami ke dokter sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Lantas apa saja penyebab sesak napas yang perlu diwaspadai? 

Melansir dari Medical News Today, terdapat beberapa penyebab sesak napas yang perlu diwaspadai, di antaranya sebagai berikut: 

Asma 

Sesak napas adalah salah satu gejala asma yang perlu diwaspadai. Oleh sebab itu, penyakit asma kerap menjadi penyebab sesak napas yang paling umum terjadi. Hal tersebut dikarenakan adanya peradangan di saluran pernapasan, sehingga membuat Anda kesulitan untuk menghirup oksigen. 

Infeksi

Penyebab sesak napas yang tak boleh dianggap sepele lainnya yaitu infeksi. Beberapa jenis infeksi tertentu dapat menjadi penyebab sesak napas. Contohnya, seperti infeksi flu, sinusitis, pneumonia, bronkitis dan lain-lain. 

Jika kondisi sesak napas tak kunjung hilang dan disertai demam tinggi, segeralah untuk memeriksakan ke dokter atau tenaga medis terdekat.

Baca Juga: Waspada 5 Gejala Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui Sejak Dini

Alergi

Waspada, alergi juga dapat menjadi penyebab sesak napas loh. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu menghindari sumber pemicu alergi yang Anda alami, seperti serbuk sari, debu dan berbagai pemicu alergi lainnya.

Jika Anda mengalami gejala atau reaksi selain sesak napas. Jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. 

Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh juga dapat menjadi penyebab sesak napas. Perlu Anda ketahui, saat dehidrasi tubuh tidak memiliki banyak energi, sehingga beberapa fungsi sel dalam tubuh terganggu, termasuk bernapas. 

Oleh sebab itu, penting sekali untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Selain itu, Anda juga perlu menghindari makanan atau minuman yang menjadi penyebab dehidrasi.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar: Banyak Big Match Di Babak Penyisihan Grup

Kecemasan

Terlalu cemas juga dapat menjadi penyebab sesak napas. Selain sesak napas, kecemasan juga dapat menimbulkan gejala lain seperti pusing, mual, hingga pingsan sekalipun. 

Maka dari itu, saat cemas cobalah untuk mengatur pernapasan agar tubuh tetap tenang dan terhindar dari sesak napas. Serta cobalah untuk melakukan kegiatan relaksasi seperti yoga dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×