Waspada, 5 Penyakit Berbahaya Ini Punya Tanda Kaki Bengkak, Simak Apa Saja

Sabtu, 12 November 2022 | 16:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Waspada, 5 Penyakit Berbahaya Ini Punya Tanda Kaki Bengkak, Simak Apa Saja

KONTAN.CO.ID -  Kaki yang bengkak bisa menjadi tanda yang menunjukkan bahwa tubuh Anda sedang tidak sehat. 

Sayangnya banyak orang yang menganggap kaki yang bengkak merupakan hal yang biasa saja. Biasanya kaki bengkak timbul setelah terlalu lama berdiri, sedang hamil, atau terluka maupun terkilir. 

Namun, Anda harus waspada jika kaki Anda bengkak tiba-tiba tanpa disebabkan oleh terkilir, banyak berjalan, atau kehamilan. 

Terdapat beberapa penyakit yang disertai dengan pembengkakan pada kaki. Karenanya Anda perlu waspada jika hal ini terjadi tiba-tiba. 

Berikut beberapa penyakit yang ditandai dengan kaki bengkak, dirangkum dari situs Universitas Medan Area (UMA). 

Baca Juga: Ini Cara Beli e-Meterai untuk Dokumen PPPK 2022 serta Harga dan Link Pembeliannya

Penyakit jantung

Kaki bengkak bisa menjadi pertanda penyakit pada jantung. Mengutip dari WebMD, pembengkakan pada kaki dapat menunjukkan terdapatnya permasalahan pada jantung. 

Contohnya seperti kaki terasa bengkak di malam hari. Keadaan ini dapat jadi sebabkan oleh sangat banyak konsumsi garam serta air yang ditahan sebab terdapat kandas jantung.

Penyakit pada hati

Penyakit berbahaya lainnya yang bisa menimbulkan pembengkakan pada kaki adalah penyakit yang menyerang hati. 

Hati yang kurang sehat dapat mempengaruhi pembentukan albumin yaitu protein yang dibuat hati. Albumin berperan melindungi darah tidak bocor dari pembuluh darah ke jaringan sekitarnya.

Albumin yang tidak mencukupi bisa menimbulkan kebocoran cairan. Kondisi ini menyebabkan cairan menumpuk lebih banyak di kaki serta pergelangan kaki. 

Kelebihan cairan tersebut bisa menumpuk di perut serta dada. Apabila pembengkakan diiringi indikasi lain, seperti keletihan, kehabisan nafsu makan, serta akumulasi berat tubuh, Anda perlu segera menemui dokter.

Penyakit ginjal

Jika terjadi keluhan pada ginjal, umumnya kaki juga akan muncul gejala seperti pembengkakan. 

Pembengkakan kaki dapat terjadi karena cairan yang menumpuk pada bagian tersebut. Kondisi ini muncul dikarenakan ginjal yang tidak lagi bisa bekerja dengan baik.

Baca Juga: 3 Mekanisme Seleksi PPPK Guru 2022 dan Passing Grade Tesnya

Edema

Edema merupakan pembengkakan yang terjadi karena penimbunan cairan dalam tubuh. Edema biasanya mempengaruhi kaki serta bagian badan lain. Ciri-ciri dari penyakit ini diantaranya:

  • Kulit mengkilap serta kencang pada bagian tertentu
  • Kulit membentuk cekungan dan lama kembali ke kondisi semula setelah ditekan
  • Rasa tidak nyaman serta mobilitas menurun
  • Batuk dan sulit bernapas

Obesitas

Kegemukan atau obesitas merupakan penumpukan kelebihan lemak yang bisa menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan. Kegemukan dapat dilihat dengan menghitung indeks massa tubuh atau IMT/BMI seorang.

Apabila IMT seseorang lebih dari 30, maka orang tersebut dinyatakan kegemukan. Bila BMI seorang melebihi 50, maka orang tersebut masuk dalam kelompok obesitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru