Waspada 5 Gejala Usus Buntu yang Umum Dialami, Hati-Hati!

Sabtu, 12 November 2022 | 11:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Waspada 5 Gejala Usus Buntu yang Umum Dialami, Hati-Hati!


KONTAN.CO.ID - Ada gejala usus buntu yang paling umum dialami dan penting untuk diwaspadai. Pasalnya, usus buntu adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan tak boleh dianggap sepele serta bisa menyerang berbagai usia.

Jika Anda mengalami salah satu gejala usus buntu jangan ragu untuk segera melakukan konsultasi ke dokter. Pasalnya, jika dibiarkan usus buntu bisa semakin parah dan dapat membahayakan kesehatan Anda.

Selain itu, infeksi usus buntu juga meningkatkan risiko bagian tubuh lainnya. Sehingga tak jarang pula infeksi usus buntu dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang serius.

Baca Juga: Waspada 5 Penyebab Gangguan Organ Peredaran Darah Manusia

Oleh sebab itu, biasanya dokter akan segera melakukan penanganan saat mengalami gejala usus buntu. Baik denga pengobatan ataupun masuk ke ruang operasi.

Melansir dari CMRIS, berikut beberapa gejala usus buntu yang perlu Anda ketahui:

1. Perut Sakit Tiba-tiba

Jika anda merasakan sakit di perut secara tiba-tiba, Anda perlu sedikit waspada. Pasalnya, hal tersebut merupakan salah satu gejala usus buntu. Biasanya, jika sakit perut tersebut merupakan gejala usus buntu, rasa sakit akan menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Baca Juga: 6 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Penting Diwaspadai, Apa Saja?

2. Sembelit

Gejala usus buntu selanjutnya adalah sembelit. Meski sembelit adalah hal yang biasa terjadi, namun gejala usus buntu ini akan membuat Anda kesulitan mengeluarkan gas atau sisa makanan yang berada di saluran pencernaan Anda. Serta Anda juga akan mengalami kram perut dan diare.

Baca Juga: 6 Penyebab Vertigo yang Mungkin Anda Alami, Simak!

3. Buang Air Kecil Sakit

Radang usus buntu juga berdampak saat Anda buang air kecil yang akan terasa sakit. Jika Anda mengalami gejala usus buntu ini, jangan ragu untuk segera pergi ke dokter agar segera mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selain menjadi gejala usus buntu, rasa sakit saat buang air kecil juga bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih.

4. Mual

Gejala usus buntu lainnya yang sering dialami adalah munculnya rasa mual hingga muntah sekalipun. Hal tersebut dikarenakan radang usus buntu sudah mulai menyebar ke saluran pencernaan lainnya. Sehingga akan menimbulkan rasa mual.

Baca Juga: Catat 5 Cara Mencegah Asam Urat Naik, Ampuh!

5. Demam

Gejala usus buntu yang tak boleh terlewatkan yaitu demam. Tak sedikit orang yang menderita radang usus buntu mengalami demam tinggi. Jika demam tidak kian mereda coba pergi ke dokter untuk melakukan pengobatan sebelum radang usus buntu semakin parah dan muncul penyakit berbahaya lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru