Waspada! 5 Gejala Kanker Payudara Sebelum Kondisi Memburuk

Sabtu, 23 April 2022 | 06:30 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Waspada! 5 Gejala Kanker Payudara Sebelum Kondisi Memburuk


KONTAN.CO.ID - Umumnya kebanyakan penyakit termasuk kanker payudara ditandai gejala dahulu. Selain itu, gejala kanker payudara tidak hanya ditandai dengan benjolan saja, melainkan masih ada gejala-gejala lain yang perlu diketahui. 

Mengetahui gejala kanker payudara lebih cepat akan lebih baik. Pasalnya, Anda juga jadi dapat melakukan pengobatan lebih cepat.

Meski demikian, ada juga kanker payudara yang sama sekali tidak menimbulkan gejala terlebih dahulu. Oleh karenanya Anda harus lebih waspada lagi dengan menjaga kesehatan. 

Baca Juga: Daftar Harga Macbook Air M1 Terbaru di iBox per April 2022, Cek!

Selain itu, Anda juga harus sering cek kondisi kehatan tubuh ke dokter. Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah kanker payudara. 

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa gejala kanker payudara yang perlu Anda waspadai: 

Warna Kulit Payudara Berubah

Salah satu gejala kanker payudara adalah terjadinya perubahan warna kulit di sekitar payudara. Gejala ini kerap terabaikan karena banyak orang mengira perubahan warna kulit hanya disebabkan oleh infeksi kulit biasa. 

Tekstur Kulit Payudara Berubah

Tak hanya warna saja, jika tekstur kulit di sekitar payudara juga berubah, hal tersebut kemungkinan besar adalah gejala awal kanker payudara. Kulit di area payudara menjadi lebih kering, bersisik hingga menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. 

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Rambut Rontok yang Perlu Anda Waspadai

Munculnya Memar di Payudara

Selain tekstur dan warna kulit payudara yang berubah, gejala kanker payudara lainnya bisa ditandai dengan munculnya memar-memar di area tersebut. Segeralah pergi ke dokter muncul memar kemerahan atau keunguan di payudara tanpa sebab.

Puting Mengeluarkan Cairan 

Gejala kanker payudara lainnya adalah puting mengeluarkan cairan. Setiap orang mengeluarkan cairan dari puting yang berbeda-beda, oleh karena itu Anda jangan sepelekan dan tetaplah waspada. Pasalnya, hal tersebut bisa jadi gejala kanker payudara yang dapat membahayakan tubuh Anda. 

Baca Juga: Efek Perubahan Iklim Jadi Google Doodle Hari Ini 22 April 2022 Tepat Hari Bumi

Kelenjar Getah Bening Bengkak

Jika kelenjar getah bening bengkak, Anda harus waspada. Bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu gejala kanker payudara. 

Biasanya jika kelenjar getah bening bengkak disebabkan oleh payudara, pembengkakan akan muncul di area sekitar ketiak. Meski demikian, ada pembengkakan tidak semua disebabkan oleh kanker payudara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru