kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada 4 Makanan Penyebab Gangguan Kelenjar Getah Bening


Minggu, 11 September 2022 / 06:30 WIB
Waspada 4 Makanan Penyebab Gangguan Kelenjar Getah Bening


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Menjaga asupan makanan adalah yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, mengkonsumsi makanan sembarangan berisiko meningkatkan munculnya berbagai penyakit, salah satunya gangguan kelenjar getah bening. 

Ada beberapa makanan yang bisa menjadi penyebab gangguan kelenjar getah bening yang patut untuk diwaspadai.

Meski demikian, bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. Namun, tidak disarankan untuk terlalu sering supaya tidak menyebab gangguan kelenjar getah bening.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Big Match PSM Makassar vs Persebaya Surabaya

Selain menghindari makanan penyebab gangguan kelenjar getah bening, sebaiknya Anda memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. 

Serta jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gejela-gejala yang berkaitan dengan gangguan kelenjar getah bening. 

Lantas apa saja makanan penyebab gangguan kelenjar getah bening? 

Dilansir dari Lymphoma Canada, berikut beberapa makanan penyebab kelenjar getah bening yang perlu diwaspadai: 

1. Daging Olahan

Daging olahan mengandung banyak nitrat yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, mengkonsumsi terlalu banyak daging olahan tidak hanya meningkatkan risiko gangguan kelenjar getah bening. Namun, juga dapat memicu pertumbuhan sel kanker dan berbagai jenis penyakit bahaya lainnya. 

2. Makanan Berlemak Tinggi

Selain daging olahan, makanan yang mengandung lemak tinggi juga dapat mengganggu kelenjar getah bening. Contohnya seperti lemak jenuh dan lemak trans. 

Lemak tersebut biasanya terkandung dalam gorengan, keripik kentang, dan lain-lain. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi supaya menurunkan risiko gangguan kelenjar getah bening. 

Baca Juga: Waspada 5 Penyebab Benjolan di Selangkangan yang Perlu Anda Ketahui

3. Daging Merah 

Perlu Anda ketahui, terlalu banyak mengkonsumsi daging merah juga dapat menjadi penyebab gangguan kelenjar getah bening. 

Jika Anda tidak bisa berhenti mengkonsumsi daging merah, cobalah untuk mengurangi porsinya dengan mengkonsumsi seminggu sekali. Sehingga risiko gangguan kelenjar getah bening dapat dihindari. 

4. Alkohol

Meski bukan sebuah makanan, alkohol bisa menjadi penyebab gangguan kelenjar getah bening. Oleh sebab itu penting membatasi alkohol supaya terhindari dari pembengkakan atau masalah kelenjar getah bening lainnya. 

Selain dapat menyebabkan kelenjar getah bening, mengkonsumsi alkohol terlalu berlebihan juga berbahaya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×