Waspada 4 Makanan Penyebab Gangguan Kelenjar Getah Bening

Minggu, 07 Agustus 2022 | 10:30 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Waspada 4 Makanan Penyebab Gangguan Kelenjar Getah Bening


KONTAN.CO.ID - Penyebab gangguan kelenjar getah bening dapat dipengarahui oleh banyak faktor. Namun, perlu Anda ketahui, ada beberapa makanan yang dapat menjadi penyebab gangguan kelenjar getah bening.

Meski demikian, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Tapi, tidak disarankan untuk terlalu sering supaya tidak menyebabkan gangguan kelenjar getah bening. 

Selain menghindari makanan penyebab gangguan kelenjar getah bening, sebaiknya Anda memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Serta, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gejela-gejala yang berkaitan dengan gangguan kelenjar getah bening. 

Baca Juga: Cacar Monyet: Kenali Gejala dan Penularan yang Perlu Diwaspdai

Lantas, apa saja makanan penyebab gangguan kelenjar getah bening? 

Dilansir dari Lymphoma Canada, berikut beberapa makanan penyebab kelenjar getah bening yang perlu diwaspadai: 

Daging olahan

Daging olahan mengandung banyak nitrat yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, mengonsumsi terlalu banyak daging olahan tidak hanya meningkatkan risiko gangguan kelenjar getah bening.

Tetapi, juga dapat memicu pertumbuhan sel kanker dan berbagai jenis penyakit bahaya lainnya. 

Makanan berlemak tinggi

Selain daging olahan, makanan yang mengandung lemak tinggi juga dapat mengganggu kelenjar getah bening. Contohnya, lemak jenuh dan lemak trans. 

Lemak tersebut biasanya terkandung dalam gorengan, keripik kentang, dan lain-lain. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi supaya menurunkan risiko gangguan kelenjar getah bening.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar: Grup H Jadi Ajang Pertemuan Para Pemain Bintang

Daging merah 

Perlu Anda ketahui, terlalu banyak mengonsumsi daging merah juga dapat menjadi penyebab gangguan kelenjar getah bening. 

Jika Anda tidak bisa berhenti mengonsumsi daging merah, cobalah untuk mengurangi porsinya dengan mengkonsumsi seminggu sekali. Sehingga, risiko gangguan kelenjar getah bening dapat dihindari. 

Alkohol

Meski bukan sebuah makanan, alkohol bisa menjadi penyebab gangguan kelenjar getah bening. Karena itu, penting membatasi alkohol supaya terhindari dari pembengkakan atau masalah kelenjar getah bening lainnya. 

Selain dapat menyebabkan kelenjar getah bening, mengonsumsi alkohol terlalu berlebihan juga berbahaya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru