kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada! 4 Ciri penyakit jantung ini bisa Anda alami


Sabtu, 02 Oktober 2021 / 10:40 WIB
Waspada! 4 Ciri penyakit jantung ini bisa Anda alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda perlu memerhatikan ciri penyakit jantung yang Anda alami. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang lebih cepat sehingga kesehatan tak terlalu memburuk.

Medline Plus (medlineplus.gov) mengatakan bahwa salah satu tanda penyakit jantung adalah batuk. Masalah pada jantung juga memicu penumpukan lendir di saluran pernapasan. Ketika hal itu itu terjadi, Anda bisa batuk sekaligus mengeluarkan dahak yang bercampur darah.

Penyakit jantung juga bisa menyebabkan jantung berdetak lebih cepat daripada batas normal. Kondisi itu biasa disebut dengan istilah palpitasi. Palpitasi bisa Anda alami kapan saja, meski Anda tak melakukan banyak aktivitas.

Selain batuk dan palpitasi, tentu saja masih banyak gejala penyakit jantung yang perlu Anda perhatikan. Jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami beberapa kondisi di bawah ini. Dengan begitu, penyakit jantung yang Anda alami bisa mendapat perawatan yang tepat.

Baca Juga: 4 Tahap gagal jantung yang bisa terjadi, jangan anggap enteng

Kaki Bengkak

Kaki bengkak termasuk ciri penyakit jantung.

Penyakit jantung menyebabkan beberapa bagian tubuh membengkak. Pembuluh darah yang harusnya mengalir lancar justru mengalami masalah sehingga mengakibatkan penyumbatan di beberapa bagian tubuh. Tak hanya kaki, pembengkakan juga bisa terjadi di bagian tubuh lain, misalnya perut.

Nyeri Dada

Nyeri dada jadi ciri-ciri penyakit jantung yang paling umum terjadi. Sama seperti palpitasi, nyeri dada terjadi karena jantung tak berfungsi optimal sehingga aliran darah pun tersendat. Setiap orang bisa mengalami kondisi nyeri dada yang berbeda-beda.

Ada yang mengalami nyeri dada secara intens, tapi berlangsung sebentar. Ada pula yang mengalami nyeri dada dengan intensitas rendah, tapi berlangsung dalam waktu lama. Anda perlu segere membicarakan kondisi itu ke dokter jika dibarengi dengan gejala lain, seperti sesak napas atau kelelahan.

Baca Juga: Sakit punggung bisa menjadi gejala kanker paru-paru, ini penjelasannya

Kelelahan

Mengutip dari Medline Plus, kelelahan termasuk salah satu ciri-ciri penyakit jantung, lo. Umumnya, kelelahan karena adanya masalah pada jantung terjadi meski Anda tidak melakukan banyak aktivitas. Tubuh Anda juga terasa lebih lemah daripada biasanya.

Sesak Napas

Sesak nafas termasuk dalam daftar ciri-ciri penyakit jantung.

Gejala sakit jantung berikutnya yang tak boleh Anda abaikan adalah sesak napas. Kondisi itu terjadi karena ketidakmampuan jantung untuk menjalankan fungsinya dengan benar. Jika terus dibiarkan, sesak napas bisa memicu terjadinya gagal jantung. Jadi, Anda perlu mewaspadai kondisi tersebut.

Dari beberapa kondisi yang telah disebutkan, apakah ada gejala sakit jantung yang Anda alami? Apabila iya, pastikan untuk segera berkonsultasi ke dokter, ya.

Selanjutnya: 4 Penyebab nyeri dada tengah, tak hanya sakit jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×