kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada! 4 ciri-ciri kolesterol ini bisa Anda alami


Kamis, 01 April 2021 / 09:18 WIB
Waspada! 4 ciri-ciri kolesterol ini bisa Anda alami
ILUSTRASI. Berat badan bertambah termasuk salah satu ciri-ciri kolesterol. REUTERS/Lucy Nicholson


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tubuh memang membutuhkan kolesterol supaya bisa berfungsi secara optimal. Namun, saat jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu banyak, risiko berbagai penyakit menjadi tinggi. Supaya kondisi Anda tetap terjaga, ada beberapa ciri-ciri kolesterol yang perlu Anda perhatikan.

Umumnya, kolesterol normal berada di angka 200-239 mg/dl. Jika Anda memiliki jumlah kolesterol yang tidak berada jauh di angka itu, kondisi Anda masih bisa dikatakan normal. Namun, jika jumlahnya jauh melampau angka tersebut, Anda perlu berhati-hati.

Salah satu jenis penyakit yang bisa Anda alami ketika jumlah kolesterol terlalu banyak adalah tekanan darah tinggi. Jika Anda mengalami gejala kolesterol berikut, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat.

Benjolan di Sekitar Mata

Mengutip dari Healthy-Ojas (healthy-ojas.com), munculnya benjolan di sekitar mata jadi salah satu gejala kolesterol tinggi yang sering terjadi. Benjolan itu merupakan kelebihan kolesterol yang berada di bawah permukaan kulit. Umumnya, benjolan tersebut berwarna kuning dan tidak terasa sakit.

Baca Juga: Bumbu dapur yang bermanfaat sebagai obat herbal untuk kolesterol

Nafsu Makan Turun

Ada banyak kondisi yang ditandai dengan nafsu makan yang turun. Artinya, Anda tidak boleh mengabaikan kondisi tersebut. Bisa jadi nafsu makan yang turun jadi salah satu ciri-ciri kolesterol yang Anda alami. Jika hal nafsu makan turun dalam jangka waktu lama, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Depresi

Depresi jadi salah satu ciri-ciri kolesterol yang bisa Anda alami.

Tahukah Anda bawa depresi termasuk salah satu tanda kolesterol tinggi? Kandungan kolesterol dalam otak mencapai 25%. Jika jumlahnya kolesterol jahat terlalu tinggi, kemampuan otak untuk mengatur emosi menjadi terganggu.

Hal itulah yang membuat Anda mengalami depresi. Selain itu, risiko kehilangan memori dan penyakit alzheimer pun dapat meningkat saat jumlah kolesterol jahat dalam tubuh Anda terlalu tinggi, sedangkan jumlah kolesterol baik terlalu sedikit.

Baca Juga: 8 Manfaat suruhan untuk kesehatan: menurunkan kolesterol sampai asam urat

Berat Badan Bertambah

Healthy-Ojas mengatakan bahwa berat badan bertambah jadi ciri-ciri kolesterol berikutnya yang dialami oleh banyak orang. Salah satu faktor yang mengakibatkan hal tersebut adalah hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah kondisi di mana hormon tiroid terlalu sedikit.

Tak hanya tiroidisme, peradangan dalam tubuh juga mengakibatkan jumlah kolesterol meningkat. Beberapa faktor yang menyebabkan peradangan dalam tubuh Anda adalah stres, kurang tidur, hingga depresi.

Selanjutnya: Rebung bambu kuning bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×