Wajib coba, ini 5 masker wajah alami untuk kulit kusam

Senin, 08 November 2021 | 08:11 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Wajib coba, ini 5 masker wajah alami untuk kulit kusam

ILUSTRASI. Ada berbagai jenis masker wajah alami yang layak Anda coba.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kulit Anda menjadi kusam karena banyak faktor, seperti penumpukan sel kulit mati, paparan sinar matahari, dan lain sebagainya. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan rutin memakai masker wajah alami untuk kulit kusam.

Anda memang bisa menemukan banyak jenis masker di pasaran. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba memakai bahan-bahan alami. Dengan pemakaian rutin, kulit kusam menjadi lebih cerah. Beberapa jenis penyakit kulit, seperti jerawat, juga bisa Anda hindari.

Namun, bukan berarti Anda bisa bebas memakai bahan alami apa pun, ya. Apalagi bagi Anda pemilik tipe kulit sensitif. Tak ada salahnya untuk melakukan uji coba dulu. Segera ganti dengan bahan alami lain apabila muncul reaksi alergi setelah Anda memakai masker tertentu.

Cuka Apel

Memakai cuka apel bisa membersihkan dan mengencangkan kulit. Dengan begitu, kulit bisa terlihat lebih cerah. Anda perlu mencampur cuka apel dengan air terlebih dahulu (masing-masing ¼ gelas). Aplikasikan campuran itu pada wajah menggunakan kapas kemudian biarkan sampai kering.

Baca Juga: Cari cara memutihkan wajah secara alami? Pakai 9 bahan ini

Oatmeal, Yogurt, Madu, Putih Telur

Masker wajah alami untuk kulit kusam bisa dari oatmeal dan bahan alami yang lain.

Mengutip dari The Healthy (thehealthy.com), masker wajah alami untuk kulit kusam bisa dari oatmeal. Pertama, campur ½ gelas air panas dengan 1/3 gelas oatmeal. Diamkan selama 2 menit kemudian tambahkan 2 sdm yogurt, 2 sdm madu, dan satu putih telur.

Aduk semua bahan tersebut sampai rata kemudian oleskan di seluruh bagian wajah. Anda perlu mendiamkannya dulu selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Yogurt

Cara mencerahkan kulit bisa Anda lakukan dengan mudah memakai yogurt. Namun, pastikan untuk memakai plain yogurt, ya. Anda hanya perlu mengoleskan jenis yogurt itu di kulit wajah Anda selama 20 menit kemudian bersihkan wajah dengan air.

Baca Juga: Begini cara hilangkan kriput pada wajah dengan kunyit

Lemon dan Minyak Zaitun

Lemon dan minyak zaitun bisa Anda gunakan untuk masker wajah alami untuk kulit kusam.

Masker wajah alami untuk kulit kusam bisa Anda buat dengan mengkombinasikan air perasan 1 lemon dan ¼ gelas minyak zaitun. Rutin memakai kombinasi bahan alami itu bisa membersihkan sel kulit mati, mengobati jerawat, dan menghilangkan komedo.

Pisang

The Healthy merekomendasikan pisang untuk mencerahkan warna kulit Anda. Anda hanya perlu menghaluskan satu buah pisang berukuran sedang. Aplikasikan pisang tersebut pada wajah selama 10 hingga 20 menit. Selanjutnya, bersihkan dengan air dingin.

Selanjutnya: 6 Buah yang mengandung vitamin C lebih banyak dari jeruk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru