CLOSE [X]

Wabah Hepatitis A di AS dan Kanada, Kenali Ciri-Ciri Gejala Penyakit Menular Ini

Selasa, 31 Mei 2022 | 23:10 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Wabah Hepatitis A di AS dan Kanada, Kenali Ciri-Ciri Gejala Penyakit Menular Ini


KONTAN.CO.ID - Amerika Serikat atau AS dan Kanada melaporkan wabah hepatitis A, yang kemungkinan menyebar karena stroberi organik yang terkontaminasi. Kenali ciri-ciri gejala penyakit menular ini.

Stroberi, yang didistribusikan secara nasional, dijual dengan merek FreshKampo atau HEB antara 5 Maret dan 25 April, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (28/5).

Melansir Al Jazeera, AS melaporkan 17 kasus hepatitis A, dengan 12 di antaranya menjalani rawat inap. Sementara Kanada mencatat 10 kasus. Di negeri uak Sam, setidaknya 15 kasus dilaporkan di California.

FDA mengungkapkan, stroberi dijual secara nasional di setidaknya di sembilan rantai grosir termasuk Trader Joe's dan Walmart

Sedang Badan Kesehatan Masyarakat Kanada (PHAC) menyatakan, stroberi dijual antara 5 dan 9 Maret di toko-toko di Saskatchewan dan Alberta, dan tidak lagi tersedia di Kanada.

Baca Juga: 4 Langkah yang Harus Dilakukan Jika Muncul Gejala Hepatitis Akut pada Anak

Apa itu hepatitis A

Mengutip Al Jazeera, menurut FDA, hepatitis A adalah virus menular yang menyebabkan peradangan hati. 

Virus ini terutama menyebar ketika orang yang tidak divaksinasi menelan makanan atau air yang terkontaminasi dengan kotoran orang yang terinfeksi. Penyakit ini erat kaitannya dengan sanitasi atau higiene yang buruk.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, pada 2016, ada 7.134 orang meninggal karena hepatitis A atau 0,5 persen dari total kematian akibat virus hepatitis.

Namun, tidak seperti jenis hepatitis lainnya, hepatitis A tidak menyebabkan penyakit kronis. Tapi, pada kesempatan langka, sebagian kecil orang yang terinfeksi bisa meninggal karena gagal hati akut.

Menurut WHO, penyebaran virus ini terjadi "secara sporadis dan dalam epidemi di seluruh dunia, dengan kecenderungan untuk berulang". Epidemi yang berhubungan dengan makanan yang terkontaminasi bisa menyebar dengan cepat.

Baca Juga: Ada 13 Gejala Hepatitis Akut Berat yang Dikeluhkan Pasien, Ini Daftarnya

Apa gejala hepatitis A yang paling umum

FDA mengungkapkan, gejala yang paling umum termasuk:

  • kehilangan nafsu makan
  • diare
  • kelelahan
  • mual
  • muntah
  • kram perut atau sakit perut
  • urin berwarna gelap
  • mata dan kulit menguning

Dalam beberapa kasus, terutama anak-anak di bawah usia enam tahun, mereka mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun.

Gejala biasanya muncul setelah 14 hingga 28 hari terpapar virus, dan berlangsung kurang dari dua bulan. Gejala ringan mungkin hanya berlangsung satu atau dua minggu, sedangkan gejala parah bisa hingga sembilan bulan.

Baca Juga: 9 Gejala Awal Hingga Berat Hepatitis Akut Misterius, Jangan Sepelekan

Bagaimana cara mencegah penularan hepatitis A

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) menyarankan, untuk menghindari konsumsi alkohol guna mengurangi ketegangan pada hati, dan mempraktikkan kebersihan yang baik, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air secara teratur.

Menurut PHAC, cara terbaik untuk mencegah hepatitis A adalah dengan divaksinasi. Risikonya juga bisa dikurangi dengan mencuci tangan serta melakukan pratik makan dan seks yang aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru