kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,03   -19,46   -2.11%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Virus Corona mampu menyerang otot jantung secara langsung


Selasa, 03 November 2020 / 08:55 WIB
Virus Corona mampu menyerang otot jantung secara langsung
ILUSTRASI. Virus Corona dapat menyebabkan penyakit jantung. REUTERS/Tingshu Wang


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Virus Corona merupakan salah satu jenis virus yang menyebabkan masalah pada sistem pernapasan manusia. Meski demikian, banyak dokter yang berpendapat bahwa Covid-19 juga berpengaruh pada kesehatan jantung secara langsung.

Mengutip dari Business Standard (business-standard.com), Virus Corona bisa menyerang otot jantung secara langsung. Akibatnya, resiko penyakit jantung semakin besar. Saat terkena Covid-19, fungsi paru-paru pasien terganggu. Hasilnya, jantung menjadi kekurangan oksigen.

Kondisi tersebut menyebabkan peradangan sebagai reaksi jantung melawan infeksi penyakit. Peradangan juga bisa disebabkan karena Virus Corona menyerang pembuluh darah sehingga terjadi penggumpalan darah yang menyebabkan serangan jantung.

Penggumpalan darah ditemukan di banyak pasien Covid-19. Dr. Sean Pinney dari Universitas Chicago mengatakan bahwa pasien penyakit jantung beresiko mengalami kerusakan jantung yang berhubungan dengan infeksi Virus Corona.

Baca Juga: 3 Tips pencegahan penyebaran virus corona dalam ruangan

Meski demikian, komplikasi jantung juga ditemukan pada pasien Covid-19 yang tak memiliki riwayat penyakit apapun sebelumnya. Menurut ulasan terbaru dalam jurnal American College of Cardiology, penyakit yang berkaitan dengan jantung ditemukan pada minimal 25% pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

Melansir dari Business Standard, Virus Corona ditemukan pada pasien Covid-19 yang juga menderita penumonia. Inflamasi pada otot jantung juga ditemukan pada empat atlet yang telah sembuh dari Covid-19 ringan.

Baca Juga: Hasil penelitian, tubuh kebal virus corona selama 5 bulan setelah sembuh Covid-19

Dr. Tom Maddox dari American College of Cardiology mengatakan, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah Virus Corona menurunkan fungsi jantung normal atau tidak. Meski demikian, hasil penelitian itu menunjukkan betapa pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

Usahakan untuk menghindari kegiatan yang berkaitan dengan banyak orang. Jika Anda terpaksa harus melakukan kegiatan dengan orang lain, selalu jaga jarak dan gunakan masker dengan cara yang benar. Selain itu, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir juga penting untuk dilakukan.

Selanjutnya: Catat, inilah 5 gejala virus corona yang perlu diperhatikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×