kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Virus Corona bisa bertahan 28 hari di ponsel dan uang kertas


Selasa, 13 Oktober 2020 / 15:40 WIB
Virus Corona bisa bertahan 28 hari di ponsel dan uang kertas
ILUSTRASI. Virus Corona mampu bertahan 28 hari di uang kertas. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Imbauan untuk disiplin mencuci tangan saat pandemi Virus Corona bukanlah suatu hal yang bisa diabaikan. Hal itu disebabkan karena jenis virus ini mampu bertahan selama 28 hari di permukaan benda.

Mengutip dari The Hindu Business Line (thehindubusinessline.com), penelitian tentang hal itu dilakukan oleh Australia’s National Science Agency. Virus Corona bisa bertahan hidup di banyak benda, beberapa di antaranya adalah ponsel dan uang kertas.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal EurekAlert! Itu menunjukkan, kondisi dingin dan gelap bisa jadi faktor yang memperlama kehidupan virus. Tak hanya itu, penelitian serupa juga dilakukan oleh para peneliti dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO).

CSIRO menguji ketahanan Virus Corona di tempat gelap dengan dingin. Hasilnya, kemampuan virus untuk bertahan semakin menurun saat suhu dibuat menjadi lebih panas. Kondisi Virus Corona benar-benar kuat di suhu ruangan 20 derajat celcius (seperti di uang kertas dan ponsel).

Baca Juga: WHO jelaskan salah kaprah soal herd immunity, begini seharusnya...

Saat suhu ruangan diubah menjadi 30 derajat celcius, Virus Corona hanya mampu bertahan di permukaan benda selama tujuh hari. Sedangkan saat suhu ruangan diubah lagi menjadi 40 derajat celcius, virus hanya mampu bertahan selama 24 jam.

Virus Corona sulit bertahan hidup di permukaan benda yang berpori. Saat menempel pada katun dan di suhu terendah, virus mampu bertahan selama 14 hari. Sedangkan saat menempel pada katun dan di suhu tertinggi, virus hanya bertahan 16 jam.

Baca Juga: 10 Langkah mudah protokol isolasi diri di rumah

Melansir dari The Hindu Business Line, penelitian tersebut menunjukkan kemampuan bertahan Virus Corona yang lebih lama dari hasil penelitian sebelumnya. Uji coba yang dilakukan sebelumnya mengatakan bahwa virus mampu bertahan selama empat hari di permukaan benda yang tak berpori.

Jika Anda tak menjaga kebersihan dengan baik, Virus Corona bisa masuk ke tubuh Anda. Maka dari itu, diharap masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Tak hanya rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, tapi juga protokol kesehatan lainnya.

Selanjutnya: Waspada, ini tempat ideal bagi virus corona untuk bertahan hidup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×