Varian Mu jadi varian paling sulit dinetralisasi oleh imun tubuh

Senin, 13 September 2021 | 07:00 WIB   Reporter: Avanty Nurdiana
Varian Mu jadi varian paling sulit dinetralisasi oleh imun tubuh

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Varian MU terbukti sebagai varian Covid-19 yang paling sulit dinetralisir oleh imun tubuh. Informasi mengenai varian Mu semakin banyak menyebar di berita pada saat ini. 

Namun sampai pekan lalu, pemerintah menyebut jika Covid-19 varian Mu ini belum masuk ke Indonesia. Pemerintah berupaya mencegah masuknya varian baru dari luar Indonesia melalui pengetatan kebijakan karantina internasional entry dan exit testing serta persyaratan vaksin. 

Varian Mu (B.162.1) diseut memiliki indikasi karakteristik seperti keganasan dan tingkat penyebaran masih dalam penelitan. 

Baca Juga: Muncul varian Mu, ini cara mencegah virus corona yang wajib Anda lakukan

Dokter Umum dan kandidat Phd bidang medical science di Kobe University Adam Prabata menjelaskan, baru-baru ini muncul penelitian yang menyatakan varian Mu terbukti sebagai varian yang paling sulit dinetralisir oleh sistem imun tubuh. 

"Varian Mu terbukti sebagai varian virus penyebab Covid-19 yang paling sulit dinetralisir oleh imun tumbuh," ujar Adam. Bahkan dalam riset menyebut, varian Mu 12,4 kali lebih resisten terhadap imun penyintas Covid-19.  

Selain itu, varian Mu juga 7,6 kali lebih resisten terhadap imun pasca vaksin Pfizer. Temuan ini berasal dari penelitian skala kecil, masih perlu dikonfirmasi lagi dengan penelitian lebih besar atau studi efektivas vaksin. 

Penelitian ini merupakan penelitian skala kecil pada delapan orang penyitas Covid-19 dan 10 orang yang sudah divaksin Pfizer. Respon imun yang diperiksa berasal dari darah dan pada protein spike masing-masing varian virus penyebab Covid-19.

Baca Juga: Kata Badan Obat Eropa, varian Mu berpotensi lebih mengkhawatirkan dari Delta

 

Editor: Avanty Nurdiana
Terbaru