Vaksin Pfizer baru bisa didapat di Jabodetabek, begini cara mendapatkannya!

Senin, 23 Agustus 2021 | 05:25 WIB   Reporter: Avanty Nurdiana
Vaksin Pfizer baru bisa didapat di Jabodetabek, begini cara mendapatkannya!


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia telah kedatangan vaksin Pfizer. Bagi Anda yang berminat mungkin harus bersabar. Sebab pada tahap awal, vaksin ini baru didistribusikan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan dan Bekasi (Jabodetabek). 

Pemberian vaksin Pfizer dengan merek Comirnaty ini diproritaskan di wilayah Jabodetabek karena sistem logistik yang kompleks dibandingkan dengan jenis vaksin lainnya. Vaksin Pfizer membutuhkan penanganan dan penyimpanan yang khusus dan harus segera digunakan. Ini karena secara spesifikasi vaksin ini harus disimpan khusus di dalam tempat dengan suhu yang sangat rendah antara 90 hingga 60 derajat Celcius.

''Vaksin ini harus disiapkan oleh petugas kesehatan yang sudah dilatih menggunakan teknik tertentu dalam menangani rantai dingin, termasuk cara mencairkan dan mengencerkan vaksin sebelum disuntikan,'' kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati, MKM dalam rilis.

Baca Juga: Pemerintah kedatangan vaksin tahap ke-41 sebanyak 5 juta dosis Sinovac

Bagi Anda mendapatkan vaksin Pfizer maka ada beberapa syarat yang harus dihadapi diantaranya sebagai berikut: 

  • Belum pernah mendapatkan dosis 1 atau 2 vaksin COVID-19
  • Berusia di atas 12 tahun
  • WNI yang memiliki KTP atau wilayah domisili DKI Jakarta
  • Membawa fotokopi KTP dan KK
  • Disebutkan juga apabila memiliki komorbid maka penerima vaksin wajib membawa surat rekomendasi dari dokter spesialis. Bagi warga Ibu Kota yang dilakukan secara online melalui aplikasi JAKI.

Jika Anda di Jakarta, Anda bisa cek kuota vaksin Pfizer di https://corona.jakarta.go.id/id/kuota-vaksinasi-jaki 

Berdasarkan situs tersebut, vaksin Pfizer baru terdapat di Jakarta Utara dan Jakarta Selatan. Kuota untuk periode 23 - 27 Agustus terdapat 1.800 vaksin terbagi untuk beberapa hari dan di beberapa lokasi fasilitas kesehatan. 

Beberapa lokasi berdasarkan situs tersebut diantaranya : 

  1. Gedung Judo Kelapa Gading dengan kuota 1.500 dosis untuk periode 23-27 Agustus 2021. Dimana tiap hari total kuota 300 dosis. Waktu vaksinasi yakni pukul 09.00 - 12.00 WIB. 
  2. Puskesmas Kelurahan Lebak Bulus mendapat kuota 800 dosis untuk periode 23 - 27 Agustus dimana tiap hari kuota 60 dosis. Dimana waktu vaksinasi pada pukul 09.00 - 12.00 WIB. 

Vaksin Pfizer yang datang pada Kamis (19/8) sebanyak 1.560.780 juta dosis di Indonesia melalui skema pembelian langsung. Secara bertahap, 50 juta vaksin Pfizer akan tiba di Indonesia tahun ini melalui skema tersebut. 

Baca Juga: Khusus masyarakat umum, begini cara pendaftaran vaksin Covid-19 via online

''Pemerintah terus mendatangkan vaksin terbaik dari berbagai produsen dalam rangka mengamankan ketersedian vaksin untuk melindungi 208 juta rakyat Indonesia yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19,'' tutur Widyawati.

Meski terdapat beberapa jenis vaksin di Indonesia, masyarakat diminta untuk tidak pilih-pilih vaksin karena pemerintah sudah menjamin keamanan dan khasiat dari vaksin COVID-19 yang digunakan saat ini. "Saya tekankan, jangan pilih-pilih vaksin, semuanya aman dan berkhasiat dan segera lakukan vaksinasi,'' tutup Widyawati.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Avanty Nurdiana

Terbaru