kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Update Covid-19: Jangan gunakan hand sanitizer terlalu banyak


Rabu, 02 September 2020 / 14:53 WIB
Update Covid-19: Jangan gunakan hand sanitizer terlalu banyak
ILUSTRASI. Update Covid-19: Jangan gunakan hand sanitizer terlalu banyak


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain menjaga jarak dan menggunakan masker, protokol kesehatan lainnya selama pandemi Covid-19 adalah mencuci tangan. Anda bisa mengganti sabun dan air menggunakan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan dari Virus Corona.

Melansir Tasnim News Agency, penggunaan hand sanitizer sebaiknya tidak terlalu sering. Jika tidak, penggunaan hand sanitizer yang berlebihan selama pandemi Covid-19 justru menyebabkan masalah yang lebih besar.

Baca Juga: Tak ikuti protokol Covid-19, Menhub pastikan akan tegur Batik Air

The Lincoln University Academic mengatakan bahwa cara terbaik membasmi Virus Corona dan kuman lainnya adalah mencuci tangan secara rutin. Dr Andrew Kamp, kepala Scientific Advisory Board di The British Institute of Cleaning Science, menyebutkan bahwa hand sanitizer hanyalah pengganti.

Penelitian terbaru menunjukkan, jumlah kuman yang tak terbunuh alkohol hand sanitizer bisa bertamabah dan berkembang jadi patogen berbahaya. Dr Kamp menjelaskan bahwa kebiasaan menggunakan hand sanitizer bisa memperparah kondisi tersebut.

Penelitian tersebut dipublikasikan dalam The American Journal of Biomedical Science and Research. Pada Oktober mendatang, penelitian itu akan dipresentasikan dalam leading conference on superbugs di Amsterdam.

World Health Organisation atau WHO merekomendasikan untuk mencuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik sebagai upaya pencegahan infeksi Virus Corona. Juru bicara departemen kesehatan mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada.

Baca Juga: Dampak Virus Corona: tak hanya serang paru-paru, tapi juga organ lainnya

Selain rajin mencuci tangan, pencegahan infeksi Virus Corona masih bisa dimaksimalkan dengan cara lainnya. Disiplin menjaga jarak dengan orang lain, membatasi kegiatan di luar rumah, menggunakan masker dan face shield bisa jadi upaya terbaik untuk terhindar dari Covid-19.

Professor Jorgan Serup, ahli kulit di Bispebjerg University Hospital Copenhagen, Denmark, mengatakan bahwa alkohol juga bisa merusak tangan anak-anak. Maka dari itu, usahakan untuk menggunakan sabun dan air mengalir untuk membersihkan tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×