Produk dan Layanan

Update corona: CDC nyatakan tiga gejala baru terinfeksi virus corona

Sabtu, 27 Juni 2020 | 07:15 WIB Sumber: Kompas.com
Update corona: CDC nyatakan tiga gejala baru terinfeksi virus corona

ILUSTRASI. JAKARTA,25/06-SWAB TES. Tim medis mengambil sampel saat melakukan tes swab Covid-19 di Pasar Karang Anyar, Jakarta, Kamis (25/6). Pemeriksaan dilakukan dari kios ke kios untuk melacak kasus positif Covid-19 di lokasi tersebut.KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - New York. Virus corona masih terus menjangkiti seluruh belahan dunia. Bersamaan itu, virus corona tampaknya juga bermutasi dan menimbulkan gejala baru bagi yang terinfeksi virus corona.

Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit ( CDC) AS menambahkan tiga gejala baru terinfeksi virus corona SARS-CoV-2, penyebab Covid-19. Tiga gejala baru terinfeksi virus corona adalah hidung tersumbat atau pilek, mual, dan diare.

Baca juga: Korea Utara ancam AS dengan perang senjata nuklir

Ketiga gejala baru terinfeksi virus corona tersebut bergabung dengan daftar gejala Covid-19 yang sudah dipaparkan sebelumnya, yakni demam, batuk, sesak napas, kelelahan, sakit otot atau tubuh, sakit kepala, kehilangan atau sulit mencium bau dan mengecap rasa, panas dingin disertai menggigil, serta sakit tenggorokan. Sehingga hingga saat ini, ada 12 gejala terinfeksi Covid-19.

"Daftar ini tidak mencakup semua gejala yang mungkin terjadi. CDC akan terus memperbarui daftar ini karena kami terus mempelajari tentang Covid-19," kata CDC seperti dilansir New York Post, Jumat (26/6/2020).

Seperti kita tahu, pemahaman terkait Covid-19 terus digali dan diselidiki, termasuk gejala terinfeksi virus corona. Pada awal kemunculan Covid-19, para ahli mengatakan gejala terinfeksi virus corona adalah demam, batuk, dan sesak nafas. Ini adalah gejala paling umum. Gejala dapat berkisar dari ringan hingga berat.

Kebanyakan orang mulai mengalami atau menunjukkan gejala terinfeksi virus corona pada periode dua sampai 14 hari setelah terpapar SARS-CoV-2. Pada bulan April, ahli menambahkan enam gejala baru terinfeksi virus corona ke dalam daftar.

Saat itu, gejala baru terinfeksi virus corona yang ditambahkan ke dalam daftar adalah panas dingin, badan gemetar berulang kali disertai menggigil, nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan kehilangan kemampuan mengecap rasa serta mencium bau. "Orang tua lanjut usia dan orang-orang dengan penyakit bawaan seperti jantung, paru-paru, dan diabetes, berisiko lebih tinggi mengembangkan komplikasi yang lebih serius dari Covid-19," kata CDC memperingatkan.

"Tanda peringatan darurat dari Covid-19 biasanya termasuk sulit bernapas, nyeri di dada, cemas, ketidakmampuan untuk tetap terjaga, serta bibir atau wajah kebiruan," imbuh CDC. "Jika seseorang menunjukkan tanda-tanda ini segera dapatkan perawatan medis darurat."

Baca juga: Harga mobil bekas Alphard di balai lelang ini murah banget, mulai Rp 70 juta

Menurut data Worldmeters, hingga Jumat 26 Juni 2020 ada lebih dari 9,7 juta kasus Covid-19 di seluruh dunia dan lebih dari 491 ribu orang meninggal dunia. Indonesia sendiri mengonfirmasi lebih dari 50.000 kasus dan 2.620 di antaranya meninggal dunia. Indonesia merupakan negara ke-9 di Asia dengan jumlah positif corona terbanyak, tepat di bawah China - negara pertama yang mengonfirmasi Covid-19.

(Gloria Setyvani Putri)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "CDC Menambahkan 3 Gejala Baru Virus Corona, Salah Satunya Pilek"

Editor: Adi Wikanto


Terbaru