kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Upaya Kawan Lama Group Cegah Covid-19


Rabu, 11 November 2020 / 19:23 WIB
Upaya Kawan Lama Group Cegah Covid-19
ILUSTRASI. Penggunaan teknologi dalam antisipasi Covid-19 di Kawan Lama Group.


Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Delapan bulan sudah masa pandemi kita lewati dengan segala adaptasi baik dalam pekerjaan, sekolah, beribadat dan juga kegiatan sehari-hari. Menaungi hingga 40.000 orang karyawan, Kawan Lama Group menempuh upaya preventif dalam mencegah penyebaran virus corona baik di lingkungan kantor pusat, toko, hingga gudang.

Menurut Dasep Suryanto, Vice President of Corporate Affairs Kawan Lama Group sejak Maret 2020 manajemen Kawan Lama Group telah membentuk Gugus Tugas Covid-19 yang bertugas menjalankan fungsi monitoring dan pendataan seluruh karyawan beserta keluarga.

“Kami turut melakukan protokol 3M yaitu kewajiban memakai masker bagi seluruh karyawan di area kerja, menghimbau untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir serta menyediakan hand sanitizerdi area kerja dan menjaga jarak,”jelas Dasep.

Selain menerapkan protokol 3M dengan ketat, Kawan Lama Group juga telah menerapkan berbagai kebijakan sebagai langkah preventif yang dilakukan sejak awal masa pandemi Covid-19 demi memastikan kesehatan seluruh karyawan antara lain:

-Penyesuaian jam operasional di toko
-Pemberlakuan jam kerja fleksibel dan work from home (termasuk untuk karyawan menggunakan transportasi umum ataupun memiliki riwayat penyakit tertentu)
-Pembatasan perjalanan dinas, serta menganjurkan karyawan untuk tidak mudik dan liburan ke luar kota
-Penghentian kegiatan komunitas yang menimbulkan kerumunan
-Pembatasan kunjungan tamu eksternal masuk ke lingkungan Kawan Lama Group

Toko yang dimiliki oleh Kawan Lama Group saat ini adalah ACE, Informa Furnishings, INFORMA Custom Furniture, INFORMA Electronics, Toys Kingdom, Chatime, Bike Colony,, Pendopo, Dr.Kong, Cupbop, Gindaco, Pet Kingdom, Travelink,Selma, Ataru dan Susen.

Selain melalui penerapan berbagai kebijakan, Kawan Lama juga memperhatikan aspek pengadaan fasilitas dan layanan di area kerja agar tercipta lingkungan kerja yang aman dan nyaman. Fasilitas tersebut mencakup :

-Bilik disinfektan untuk setiap karyawan sebelum memasuki kantor
-Pengukuran suhu tubuh dengan thermogun dan sistem digital yang terintegrasi dengan data karyawan
-Touchless barrier gate yang dilengkapi face detector untuk absensi dan memasuki area kantor
-Pembersihan area kerja menggunakan cold fogger dan UV light disinfection secara berkala
-Penambahan area makan untuk karyawan guna menjaga physical distancing
-Penyediaan tempat cuci tangan di area yang mudah ditemui, termasuk di area luar gedung
-Penyediaan masker untuk karyawan
-Penambahan jumlah air purifier di setiap lantai untuk kebersihan udara

Upaya preventif Kawan Lama Group dalam menjaga kesehatan 40.000 orang karyawan adalah membatasi kapasitas karyawan yang bekerja hingga tersisa 25%, lainnya bekerja dari rumah. “Kami juga menerapkan sistem shift dan membuat kelompok kerja, sehingga jika ada karyawan yang terpapar Covid-19, kinerja tidak terganggu,”jelas Dasep.

Jaringan toko Kawan Lama Group telah menjadi contoh ritel modern yang menerapkan standar kesehatan secara ketat. Itu sebabnya pada 9 Juni 2020 silam,, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria dan Roy N Mandey selaku Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) beserta Dasep Suryanto selaku Vice President of Corporate Affairs Kawan Lama Group ke toko ACE Hardware Rawamangun, Jakarta Timur untuk mengadakan simulasi implementasi protokol Covid-19.

Pelatihan online demi peningkatan kualitas SDM

Di tengah berbagai tantangan dan keterbatasan untuk bertatap muka secara langsung, Kawan Lama Group tetap berkomintmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) secara optimal dengan berbagai pelatihan, baik soft skill maupun hard skill.

Contoh kegiatan pelatihan soft skill antara lain melatih kreativitas, inovasi dan kepemimpinan di tengah krisis hingga pengelolaan waktu untuk membantu karyawan dalam meningkatkan efektivitas dan produktivitas kerjanya.

Sedangkan pelatihan hard skill dilakukan untuk mengasah kemampuan di bidang pekerjaan masing-masing yang disesuaikan dengan lingkup pekerjaan.
Selain itu, pelatihan juga diberikan untuk menunjang karyawan dalam penyesuian dengan gaya kerja baru di masa pandemi misalnya pertemuan kerja secara virtual untuk mengoptimalkan penggunaan berbagai platform meeting secara online.

Penanganan jika karyawan positif Covid-19

Jika ada karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19 maka Kawan Lama Group melakukan penanganan mandiri dengan supervisi dari dinas terkait. Khusus wilayah Jabodetabek manajemen Kawan Lama Group memfokuskan pengobatan di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Selain itu juga dilakukan proses tracing berupa assessment untuk melacak riwayat kontak karyawan tersebut melalui PCR (Polymerase Chain Reaction) Swab, rapid test atau kebijakan untuk bekerja dari rumah secara penuh (full work form home).

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×