kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Upaya IKEA menjadikan protokol 3M sebagai kebiasaan baru


Rabu, 18 November 2020 / 20:00 WIB
Upaya IKEA menjadikan protokol 3M sebagai kebiasaan baru
ILUSTRASI. Pelaksanaan protokol kesehatan 3M di IKEA Alam Sutera.


Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Menuju tutup tahun 2020 berbagai sektor bisnis terus berupaya meningkatkan kinerja di tengah tantangan pandemi korona. Penerapan protokol kesehatan 3M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak dijalankan dengan disiplin oleh pebisnis ritel seperti IKEA.

Sejak awal Maret 2020 IKEA membentuk tim gugus tugas terbagi menjadi dua, pertama manajemen (kantor) yakni head department yang berhubungan operasional untuk melaporkan semua update terkait implementasi protokol kesehatan dan operasional pada masa pandemi serta melakukan pembahasan dari segi strategi. Kedua, yang bertugas di area toko yang disebut Duta Covid. Seperti di IKEA Alam Sutera ada 60 orang Duta Covid yang tertugas setiap hari 10 orang dengan 2 shift. Duta Covid ini juga dipimpin oleh Tim Inti Penanganan Covid-19.

Sejak awal pandemi korona menurut Dyah Fitrisally, Country Marketing Manager IKEA Indonesia IKEA telah menetapkan tim dari kantor (back office) sepenuhnya bekerja dengan sistem Work From Home (WFH) dan hanya akan datang ke kantor untuk keperluan kritikal.

Setiap kedatangan akan dinilai alasannya untuk memastikan bahwa yang datang hanya yang benar-benar mendesak. Sedangkan karyawan di tim store (toko) bekerja sesuai sistem rotasi kerja yang berlaku.

Sebagai ritel modern IKEA telah menjalankan protokol kesehatan sebagai berikut:

-Pembatasan jumlah pengunjung dalam toko dan pembatasan usia pengunjung sesuai dengan peraturan yang berlaku oleh pemerintah setempat (pengunjung usia 5 tahun-60 tahun yang boleh masuk)
-Pemeriksaan suhu badan dan pengisian Health Declaration form untuk pengunjung, vendor dan coworker
-Jarak aman di setiap antrian, tempat duduk, dan lain-lain
-Screening kesehatan untuk coworker sebelum memasuki area kerja oleh supervisor dan HRD
-Disediakan hand washing station dan handsanitizer di titik-titik toko dan kantor. Sebelum masuk ke toko wajib mencuci tangan pada hand washing station yang tersedia
-Pemasangan tanda dan pengumuman terkait protokol 3M di toko dan kantor
-Pengumuman terkait 3M secara berkala di area toko
-Pengawasan penerapan 3M oleh Duta Covid
-Memberlakukan aturan di mana toko dan kantor merupakan area wajib masker

Manajemen IKEA memberikan tunjangan internet bagi karyawan yang bekerja dari rumah. Selain itu seluruh karyawan juga setiap bulan mendapatkan vitamin C dan gift voucher belanja untuk menunjang aktivitas bekerja dari rumah.

Selain itu juga manajemen memberikan online learning melalui portal e-learning, webinar kesehatan atau topik lainnya terkait masa pandemi yang diadakan oleh IKEA Group.

Pembagian kelompok kerja 50 : 50

Antisipasi IKEA dalam menyikapi jika ada karyawan yang positif Covid-19 adalah dengan mengatur pembagian kelompok kerja 50.50 untuk karyawan back office dan sistem rotasi kerja di toko. Apabila terjadi kasus pada kelompok A, pekerjaan akan bisa dikerjakan oleh kelompok B. Sedang di toko apabila terjadi skenario terburuk bisa diback-up oleh departemen lain yang memiliki skill relevan.
Jika karyawan sakit diharuskan untuk tinggal di rumah dan meminta rekomendasi dokter sebelum dapat kembali bekerja.

Kunci sukses menerapkan protokol kesehatan 3M bergantung pada intensitas sosialisasi kepada karyawan dan juga pengunjung toko. Karena itu, secara berkala IKEA menyampaikan pengumuman di toko. Selain itu juga memasang poster protokol kesehatan dan publikasi pada digital platform.

Sedang bagi karyawan sosialisasi protokol kesehatan diinformasikan melalui poster, portal internal, penyampaian setiap briefing pagi dan penyampaian dalam kelompok kerja yang lebih kecil (dari leader ke staff) secara berkala.

“Komunikasi ini dijalankan terus menerus agar protokol 3M dapat dijadikan kebiasaan baru guna menjaga keamanan dan kenyamanan kantor dan toko IKEA,”ujar Dyah.

Saat ini gerai IKEA ada 2 yakni IKEA Alam Sutera dan IKEA Sentul City. Sedangkan Pick-up point IKEA ada 7 lokasi yakni Kota Baru Parahyangan (Bandung), Hero Supermarket 23 Paskal Shopping Center (Bandung), Surabaya, Giant Taman Yasmin (Bogor), Jakarta Garden City, Giant Ekstra Pondok Gede, Giant BSD.

Menurut Dyah, IKEA Global juga memberikan panduan dalam penerapan protokol kesehatan yang berlaku dan bagaimana penerapannya dalam mengatur pelanggan serta melakukan proses monitoring pengawasan protokol kesehatan yang dilakukan IKEA lainnya dengan disesuaikan peraturan yang berlaku.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×