Kesehatan Umum

Upaya Adira Insurance cegah penyebaran Covid-19

Rabu, 13 Januari 2021 | 22:21 WIB   Reporter: Sri Sayekti
Upaya Adira Insurance cegah penyebaran Covid-19

ILUSTRASI. Penyemprotan desinfektan di kantor pusat Adira Insurance.


KONTAN.CO.ID - Program vaksin Covid-19 sudah dimulai hari ini dengan vaksin perdana diberikan kepada Presiden RI, Joko Widodo. Adanya vaksin, bukan berarti pandemi berakhir. Upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 judu rutin dijalankan. Karena itu, menjalankan protokol keesehatan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun harus terus dilakukan.

Perlu upaya semua pihak untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M di mana pun kita beraktivitas. Begitu pula langkah yang dilakukan Adira Insurance dan Zurich dalam antisipasi penyebaran virus Covid-19 di lingkungan kerja maupun di antara karyawan.

Sejak awal Covid-19 merebak di Indonesia Adira Insurance dan Zurich membentuk satuan tugas Covid-19 yang beranggotakan Presiden Direktur, Risk Legal & Compliance, Tim Medicilin (asuransi kesehatan yang dimiliki perusahaan) hingga bagian CRES.

Masing-masing fungsi dalam Tim tersebut memiliki tanggung jawab masing-masing yang tujuannya untuk menerapkan protokol kesehatan dalam perusahaan untuk memitigasi risiko Cpvid-19 di lingkungan Adira Insurance dan juga langkah cepat tanggap jika terdapat karyawan yang terkena Covid-19.

Saat belum terjadi pandemi Corona, Adira Insurance telah memelopori sistem bekerja dari rumah (work form home) untuk beberapa fungsi dalam perusahaan. Terlebih sejak tahun 2014, Adira telah memberikan pelayanan berbasis digital.

Jauh sebelum pandemi Covid-19 Adira Insurance juga telah meluncurkan Aplikasi Autocilin Mobile Claim (AMC)  untuk memudahkan pelanggan mengajukan klaim melalui smartphone. AMC terhubung langsung dengan Autocilin Garage, bengkel rekanan yang telah distandarisasi oleh Adira Insurance, sehingga pelanggan merasakan sama seperti saat ke Adira Insurance.

Sejak awal pandemi Adira Insurance telah menerapkan pembagian jumlah karyawan yang bekerja di kantor hanya 15% yakni karyawan yang tergabung dalam Tim Inti dengan sistem rotasi. Sedang 85% karyawan lainnya bekerja dari rumah.

Langkah-langkah keselamatan yang diterapkan Adira Insurance di lingkungan kantor antara lain melakukan pembersihan penyemprotan kantor dengan cairan desinfektan, menyediakan alat pengukur suhu badan, menerapkan jaga jarak fisik dengan memasang tanda di lingkungan kantor, memberikan informasi terkait tips dan trik dalam pencegahan pandemi Covid-19, mewajibkan karyawan untuk selalu menggunakan masker di lingkungan kantor dan menyediakan tempat cuci tangan tanpa sentuh.

Guna memantau kesehatan karyawan baik yang bekerja di kantor maupun yang bekerja di rumah, maka perusahaan mengadakan survei harian dengan mewajibkan karyawan untuk melaporkan kesehatan diri dan keluarga setiap hari. Karyawan di luar tim inti yang akan datang ke kantor juga diwajibkan untuk melaporkan kadatangannya.

Ajang kompetisi digital

Adira Insurance menyadari bahwa pandemi membuat berbagai hal berubah. Karena itu guna menjaga kerja tim dan kekompakan karyawan menyelanggarakan berbagai kompetisi digital. “Hal ini penting guna menjaga employee engagement,”ujar Hassan Karim, Chief Marketing Officer Adira Insurance.

Selain itu guna memastikan work life balanced karyawan melalui berbagai e-training. “Training yang sudah kami lakukan antara lain perencanaa pengelolaan keuangan, design thinking, hingga manajemen stress di masa pandemi,”jelas Hassan.

Manajemen Adira Insurance juga terus mengingatkan karyawan untuk selalu menjaga kesehatan fisik maupun mental melalui berbagai channel internal komunikasi perusahaan.

Skenario jika ada karyawan positif Covid-19

Penerapan sistem rotasi kerja (Tim A dan Tim B) secara bergantian salah satunya adalah upaya membatasi interaksi tatap muka dan meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Jika ada karyawan yang terinfeksi, akan diback up oleh tim lainnya. Dengan demikian operasional Adira Insurance tetap bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Jika ada karyawan yang terinfeksi, Adira Insurance akan melakukan contact tracing di lingkungan kerja. Jika karyawan terinfeksi pernah berada di dalam kantor, maka perusahaan akan memberikan informasi kepada rekan kerja yang telah berinteraksi sebelumnya untuk melakukan isolasi mandiri.

Langkah antisipasi dilakukan Adira Insurance dengan melakukan tes pemeriksaan Covid-19 secara berkala untuk karyawan yang bekerja di kantor.
Bila ada karyawan atau keluarganya terinfeksi Covid-19 dan harus melakukan perawatan di rumah sakit, perusahaan juga memberikan tunjangan tambahan untuk meringankan beban finansial dan psikologis.
Tidak hanya itu, Tim Medicillin, perusahaan juga melakukan monitoring dan pendampingan kepada karyawan yang terinfeksi Covid-19.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

 

 

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
Terbaru