kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,91   -7,46   -0.75%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Untuk penderita jantung, hindari 5 makanan ini ya!


Rabu, 10 Februari 2021 / 17:58 WIB
Untuk penderita jantung, hindari 5 makanan ini ya!


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jantung adalah salah satu organ vital yang perlu dijaga kesehatannya. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, mulai dari rutin melakukan olahraga, mengonsumsi jenis makanan tertentu, dan menghindari makanan yang dilarang untuk penyakit jantung.

Salah satu jenis makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi dalam jumlah besar adalah makanan yang mengandung gula, garam, dan lemak. Jenis makanan tersebut dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan macam penyakit jantung yang lain.

Menghindari daging babi asap atau bacon pun perlu Anda lakukan. Jenis makanan itu mengandung banyak lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Tidak hanya itu, masih banyak jenis makanan lain yang sebaiknya Anda hindari.

Soda

Mengutip dari Web MD (webmd.com), sekaleng soda mengandung gula yang melebihi batas wajar konsumsi per hari. Selain meningkatkan risiko penyakit jantung, kebiasaan mengonsumsi minuman soda meningkatkan risiko diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Baca Juga: Cara mengatasi kekurangan oksigen dalam darah

Pasta

Pasta terbuat dari tepung putih yang tidak cukup memiliki serat, vitamin, dan mineral. Biji-bijian yang diolah dapat berubah menjadi gula secara cepat dan disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Hal itulah yang menyebabkan lemak perut bertambah dan risiko penyakit jantung meningkat.

Pizza

Makanan yang dilarang untuk penyakit jantung selanjutnya adalah pizza. Jenis makanan tersebut mengandung banyak sodium, lemak, dan kalori yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Jika Anda memang ingin makan pizza, usahakan untuk tidak terlalu banyak menggunakan sosis, keju, dan peperoni.

Alkohol

Alkohol termasuk makanan yang dilarang untuk penyakit jantung.

Web MD menyebutkan alkohol memiliki pengaruh yang buruk terhadap kesehatan jantung. Apalagi jika Anda memiliki jumlah trigliserida dan tekanan darah yang tinggi. Trigliserida adalah salah satu jenis lemak dalam darah yang berisiko memunculkan penyakit jantung.

Baca Juga: Jangan terlambat, kenali penyebab dan ciri-ciri darah rendah

Kentang Goreng

Kentang goreng tergolong dalam makanan yang dilarang untuk penyait jantung karena mengandung banyak lemak dan garam. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kentang goreng sebanyak dua hingga tiga kali seminggu berisiko menyebabkan kematian dini.

Jika Anda ingin mengonsumsi kentang goreng, usahakan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang sedikit. Jika ingin lebih sehat, buat kentang goreng sendiri yang terbuat dari ubi jalar dan digoreng menggunakan minyak zaitun.

Selanjutnya: Bukan jantung, inilah 4 penyebab sakit dada sebelah kiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×