kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Untuk Mencegah Diabetes, Ini Cara Alami Menurunkan Gula Darah Tinggi


Senin, 13 Juni 2022 / 06:04 WIB
Untuk Mencegah Diabetes, Ini Cara Alami Menurunkan Gula Darah Tinggi
ILUSTRASI. Kadar gula darah normal. Untuk Mencegah Diabetes, Ini Cara Alami Menurunkan Gula Darah Tinggi


Sumber: Sonora.id | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kadar gula tinggi banyak terjadi pada orang Indonesia. Simak cara alami menurunkan kadar gula darah tinggi untuk mencegah diabetes.

Kadar gula darah tinggi disebut juga dengan hiperglikemia. Kadar gula darah tinggi seringkali dikaitkan dengan diabetes dan prediabetes.

Dikutip dari Healthline, prediabetes adalah ketika gula darah Anda tinggi, tetapi tidak cukup tinggi untuk diklasifikasikan sebagai diabetes.

Tubuh Anda biasanya mengelola kadar gula darah Anda dengan memproduksi insulin, hormon yang memungkinkan sel-sel Anda menggunakan gula yang bersirkulasi dalam darah.

Dengan demikian, insulin adalah pengatur kadar gula darah yang paling penting dalam tubuh.

Namun, beberapa faktor dapat mengganggu manajemen gula darah dan menyebabkan hiperglikemia. Penyebab internal gula darah tinggi, yaitu ketika hati Anda memproduksi terlalu banyak glukosa.

Sementara faktor eksternalnya, yaitu pilihan makanan, obat-obatan tertentu, gaya hidup yang tidak banyak bergerak, dan stres.

Lantas, bagaimana cara alami menurunkan kadar gula darah agar tidak menderita penyakit diabetes?

Baca Juga: 7 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Gorengan, Waspada!

Cara alami menurunkan kadar gula darah untuk mencegah diabetes

3 cara alami menurunkan kadar gula darah untuk mencegah diabetes

1. Rajin olahraga

Cara alami menurunkan kadar gula darah yang pertama ialah rajin olahraga.

Olahraga teratur dapat membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan sedang dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Olahraga juga dapat membantu otot Anda memaksimalkan gula darah untuk energi dan kontraksi otot.

Jika Anda memiliki masalah dengan manajemen gula darah, pertimbangkan untuk memeriksa kadar Anda secara rutin sebelum dan sesudah berolahraga.

Hal ini akan membantu Anda mempelajari respons berbagai aktivitas dan menjaga kadar gula darah agar tidak terlalu tinggi atau rendah.

2. Konsumsi banyak serat

Cara alami menurunkan kadar gula darah yang kedua ialah konsumsi banyak serat.

Serat mampu memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula, sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah secara bertahap.

Ada dua jenis serat - tidak larut dan larut. Meskipun keduanya penting, serat larut secara eksplisit telah terbukti meningkatkan pengelolaan gula darah, sedangkan serat tidak larut belum terbukti memiliki efek ini.

Contoh makanan tinggi serat:

  •     sayuran
  •     buah-buahan
  •     polong-polongan
  •     biji-bijian utuh

3. Minum air dan tetap terhidrasi

Cara alami menurunkan kadar gula darah yang ketiga ialah minum air yang cukup dan cegah dehidrasi. Minum cukup air dapat membantu Anda menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat.

Selain mencegah dehidrasi, minum air dapat membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urin.

Hindari pilihan air yang dimaniskan dengan gula, karena ini dapat meningkatkan glukosa darah, mendorong penambahan berat badan, dan meningkatkan risiko diabetes.

Itulah berbagai cara alami menurunkan kadar gula darah untuk mencegah terkena diabetes. Lakukan semua cara alami menurunkan kadar gula darah di atas karena jika sudah terkena diabetes tidak ada obatnya. (Ega Krisnawati)

Artikel ini telah tayang di Sonora.id berjudul "Stop Bergantung Sama Obat Dokter! Ini 3 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah, Pernah Coba?"
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×