Transmisi Lokal Makin Banyak, Ini Cara Mencegah Penularan Covid-19 Omicron

Selasa, 18 Januari 2022 | 06:27 WIB Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com
Transmisi Lokal Makin Banyak, Ini Cara Mencegah Penularan Covid-19 Omicron

ILUSTRASI. Transmisi Lokal Makin Banyak, Ini Cara Mencegah Penularan Covid-19 Omicron


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Jumlah kasus Covid-19 Omicron di Indonesia meningkat setiap hari. Selain dari impor, penambahan kasus Covid-19 Omicron akibat transmisi lokal juga semakin banyak. Simak cara mencegah penularan Covid-19 Omicron berikut ini.

Dalam konferensi pers Minggu 16 Januari 2022, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan ada 784 orang positif Covid-19 Omicron per Sabtu (15/1/2022). Jumlah kasus Covid-19 Omicron di Indonesia meningkat dibandingkan data Rabu, 12 Januari 2022 yang mencapai 572 kasus.

Pada Rabu (12/1), Kemenkes mencatat penambahan 66 kasus positif Covid-19 Omicron di Indonesia. Penambahan kasus positif Covid-19 Omicron di Indonesia tersebut terdiri dari 33 kasus dari pelaku perjalanan internasional dan 33 orang transmisi lokal.

Dengan transmisi lokal, artinya penularan kasus Covid-19 Omicron di Indonesia bisa terjadi tanpa seseorang bepergian ke luar negeri. Lalu bagaimana cara mencegah Covid-19 Omicron?

Mengutip situs WHO dan pusat kesehatan penyakit menular di Amerika Serikat (CDC), cara mencegah Covid-19 Omicron sama dengan varian sebelumnya. Untuk mencegah Covid-19 Omicron, masyarakat harus tetap disipilin menjalankan protokol kesehatan dan mendapatkan vaksinasi.

Baca Juga: Covid-19 Omicron Indonesia Bertambah Lagi, Ini Penjelasan Menteri Kesehatan

Terkait protokol kesehatan untuk Covid-19 Omicron, masyarakat harus menggunakan masker yang efektif mencegah penularan virus. Namun tidak semua masker bisa mencegah penularan Covid-19 Omicron. Hasil penelitian menyebutkan hanya ada tiga masker yang efektif untuk mencegah Covid-19 Omicron. Apa saja?

Dilansir dari Kompas.com, pakar penyakit menular Steven Gordon mengatakan bahwa masker dapat menghalangi embusan partikel virus ke udara di sekitar Anda, yang membantu mencegah penyebaran virus. Selain itu, masker juga bisa menjadi penghalang keluarnya droplet saat Anda batuk atau bersin.

"Tapi, masker kain yang seringkali terbuat dari bahan seperti kapas tidak bisa memberikan perlindungan efektif dari paparan virus yang sangat menular seperti virus Corona varian Omnicorn," ucap dia.

Untuk memberikan perlindungan terbaik dari varian Omnicorn, Anda harus memilih masker dengan tingkat filtrasi tinggi yang pas dengan wajah Anda. “Anda harus memastikan bahwa area mulut dan hidung Anda tertutupo dengan baik," ucapnya.

Baca Juga: Kasus Positif Naik Jadi 68 Orang, Ini Ciri-Ciri dan Cara Mencegah Covid-19 Omicron

Berikut rekomendasi jenis masker yang efektif mencegah Covid-19 varian Omnicorn:

1. N95

Rekomendasi pertama masker yang efektif mencegah Covid-19 Omicron adalah masker N95. Masker ini, yang digunakan dalam pengaturan perawatan kesehatan, memiliki bentuk yang sangat pas dengan wajah Anda.

Masker ini dilengkapi dengan segel logam yang dapat disesuaikan di bagian depan. Masker N95 sangat efisien dalam menyaringan udara. Jenis masker ini mampu menyaring sekitar 95 persen partikel di udara.

2. KN95

Rekomendasi kedua masker yang efektif mencegah Covid-19 Omicron adalah masker KN95. Masker ini juga dirancang agar pas dengan wajah Anda. Bentuk maske KN95 dapat membentuk lekukan kecil di atas mulut dan hidung Anda yang membuat Anda lebih mudah bernapas saat memakainya. Masker KN95 juga mampu menyaring sekitar 95 persen partikel di udara.

3. KF94

Rekomendasi ketiga masker yang efektif mencegah Covid-19 Omicron adalah masker KF94. Bentuk masker KF94 mirip dengan KN95. Jenis masker ini juga mampu menyaring sekitar 94 persen partikel di udara.

Demikian cara mencegah Covid-19 Omicron. Selain menjalankan protokol kesehatan, jangan lupa untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19 karena efektif mengurangi tingkat keparahan akibat virus corona semua varian.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru