kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Total 7 Orang, Pasien Meninggal Akibat Hepatitis Misterius Bertambah 2


Jumat, 13 Mei 2022 / 04:00 WIB
Total 7 Orang, Pasien Meninggal Akibat Hepatitis Misterius Bertambah 2


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masyarakat harap waspada. Saat ini, bertambah dua orang lagi pasien hepatitis akut misterius yang meninggal dunia. Kedua pasien tersebut berasal dari DKI Jakarta dan Kalimantan Timur. 

"Sudah 7 orang, 4 di DKI Jakarta, 1 Sumatera Barat, 1 Jawa Timur, dan 1 Kalimantan Timur," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi  saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (12/5/2022). 

Menurutnya, kedua pasien baru yang meninggal dunia masing-masing berumur 7 dan 10 tahun. 

Nadia menjelaskan, gejala yang dialami pasien-pasien tersebut rata-rata sama, yaitu penyakit kuning, urin berwarna coklat teh, dan tinja berwarna dempul. Namun, kondisi pasien tersebut ketika dibawa ke rumah sakit rata-rata sudah terlambat dan kritis. 

Terkait adanya temuan 21 kasus baru di DKI Jakarta, pihaknya masih belum bisa memastikannya. Hingga saat ini, Nadia menyebut sudah ada 18 kasus hepatitis akut misterius yang dilaporkan. 

Baca Juga: Catat! Gejala Awal dan Lanjutan Ini Muncul jika Anak Terkena Hepatitis Akut

"9 pending klasifisikasi, 7 tidak memenuhi kriteria hepatitis akut, dan 2 masih dalam proses pemeriksaan laboratorium," ujarnya. 

Faktor risiko 

Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr dr Muzal Kadim SpA(K) mengatakan, ada sejumlah faktor yang meningkatkan risiko infeksi hepatitis akut pada anak. 

Menurutnya, anak-anak dengan immunocompromised atau sistem imun lemah memiliki risiko infeksi lebih tinggi. 

"Misalnya pada kondisi gizi buruk, anak yang sedang mendapat obat-obatan tertentu yang menekan sistem imun, pada kondisi anak misalnya dengan HIV atau kondisi tertentu yang menyebabkan sistem imun berkurang," kata Muzal dalam Media Interview yang diselenggalarakan IDAI pada Sabtu (7/5/2022). 

Baca Juga: Kapan Anak dengan Gejala Hepatitis Akut Harus Dibawa ke Rumah Sakit? Ini Informasinya




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×