kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips berlibur aman di tengah pandemi: Jaga jarak, hidup sehat, hindari tempat umum


Jumat, 11 Desember 2020 / 09:05 WIB
Tips berlibur aman di tengah pandemi: Jaga jarak, hidup sehat, hindari tempat umum


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak pandemi Covid-19 menyerang mulai bulan Maret 2020 lalu, banyak aktivitas terganggu, termasuk kegiatan berwisata. Dalam sembilan bulan terakhir tentu banyak yang belum ke luar rumah untuk melakukan kegiatan wisata. Padahal sebelum pandemi, kegiatan liburan mungkin rutin dilakukan minimal dua kali setahun.

Liburan akhir tahun ini tentu sudah didamba-dambakan sebagian orang untuk melakukan kegiatan wisata meski pandemi belum berakhir. Sembilan bulan lebih menjauhi keramaian bukan perkara mudah memang.

Banyak hal yang perlu diperhatikan jika memang sudah harus memutuskan untuk berlibur di akhir tahun ini. EVP Consumer Loan Bank Mandiri Ignatius Susatyo Wijoyo berbagi tips berlibur aman di tengah pandemi seperti yang dilakukan keluarganya yang merancang berlibur ke Bali akhir tahun ini.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, perencana keuangan sarankan keluarga atur prioritas pengeluaran

Susatyo memang tidak ikut dalam liburan itu karena ada perkerjaan yang masih harus diselesaikan. Namun, ia juga turut memantau dan mengarahkan anggota keluarganya dalam persiapan liburan tersebut. "Jauh-jauh hari sebelum liburan, sudah harus dilakukan persiapan untuk menjaga imun tubuh," ujarnya pada Kontan.co.id, Kamis (10/12).

Persiapan yang sudah dilakukan keluarga Susatyo diantaranya dengan disiplin menerapkan social distancing, sekali sebulan melakukan rapid test dan setiap dua bulan melakukan swab test. Ia bilang, pengecekan Covid-19 itu memang mengeluarkan bujet besar tetapi harus dilakukan untuk memastikan kesehatan agar bisa melakukan pencegahan penularan seadainya sudah tertular namun masih dalam kategori ODP.

Di samping itu, Susatyo juga menekankan kepada keluarganya menerapkan hidup sehat muali dari makan makanan sehat,  istirahat yang cukup,  bangun pagi dan melakukan olahraga secara rutin, minum vitamin, dan selalu jaga kebersihan.

Sementara saat berlibur nanti, keluarga Susatyo sengaja memilih menyewa villa agar terpisah dari tamu-tamu lain. Susatyo sudah menekankan ke anggota keluarganya agar saat berlibur nanti tidak perlu terlalu banyak menyambangi tempat-tempat umum, lebih baik pilih pantai dekat villa.

Selain itu, ia mengingatkan agar liburan tidak terlalu diporsir. "Karena ini liburan jangan sampai semua terlalu diporsir. Daya tahan tubuh perlu dijaga, jangan teralu capek dan jangan pula terlalu banyak makan," ujar Susatyo.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Seru banget! Liburan sambil menjelajahi Gunung Papandayan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×