Tips aman berhubungan intim saat pandemi ala dokter Kanada: Pakai masker!

Kamis, 03 September 2020 | 11:13 WIB Sumber: Reuters
Tips aman berhubungan intim saat pandemi ala dokter Kanada: Pakai masker!

ILUSTRASI. Tips aman berhubungan intim saat pandemi adalah mengenakan masker. REUTERS/Pavel Mikheyev

KONTAN.CO.ID - OTTAWA. Kepala petugas medis Kanada memberikan tips aman berhubungan intim saat pandemi melanda. Yakni, jangan berciuman dan pertimbangkan untuk memakai masker saat berhubungan seks.

Melansir Reuters, Dr Theresa Tam mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kecil kemungkinan tertular Covid-19 dari air mani atau cairan vagina. Akan tetapi, aktivitas seksual dengan pasangan baru memang meningkatkan risiko tertular virus, terutama jika ada kontak dekat seperti berciuman.

“Seperti aktivitas lain selama Covid-19 yang melibatkan kedekatan fisik, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan risiko tertular dan menyebarkan virus,” ujarnya.

Baca Juga: Angka kesembuhan Covid-19 dan angka kematian di Tanah Air melebihi rata-rata dunia

Menurut Tam, aktivitas itu adalah jangan berciuman, hindari kedekatan tatap muka, kenakan masker yang menutupi mulut dan hidung Anda, dan pantau diri Anda dan pasangan untuk gejala corona sebelum aktivitas seksual apa pun.

"Risiko aktivitas seksual terendah selama Covid-19 melibatkan diri Anda sendiri," tambahnya.

"Kesehatan seksual adalah bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan. Dengan mengambil tindakan pencegahan, seseorang dapat menemukan cara untuk menikmati keintiman fisik sambil menjaga kemajuan yang telah kita buat dalam menangani Covid-19," jelas Tam.

Baca Juga: Kasus virus corona global melejit jadi 25 juta, India toreh rekor kasus harian

Data Reuters menunjukkan, Kanada telah melaporkan 129.425 kasus Covid-19 dan 9.132 kematian, pada 1 September. Kasus harian baru jauh di bawah volume puncak, tetapi ada peningkatan baru-baru ini, didorong oleh lebih banyak infeksi di beberapa provinsi di Kanada barat. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru