Produk dan Layanan

Tim Venindo dan Omron kolaborasi kembangkan ventilator untuk pasien Covid-19

Selasa, 22 September 2020 | 20:18 WIB   Reporter: Arfyana Citra Rahayu
Tim Venindo dan Omron kolaborasi kembangkan ventilator untuk pasien Covid-19

ILUSTRASI. Ventilator yang dikembangkan oleh tim Venindo bersama Omron Electronics Indonesia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring berkembangnya situasi pandemi Covid-19 di Indonesia pada saat ini, rumah sakit atau pusat kesehatan di Indonesia menghadapi peningkatan angka hunian tempat tidur (BOR). Rumah sakit dan pusat kesehatan menghadapi tantangan keterbatasan peralatan medis seperti ventilator, yang merupakan salah satu perangkat penting untuk mendukung sistem pernapasan bagi pasien karena infeksi Covid-19.

Untuk menjawab urgensi kebutuhan pasokan alat medis pada masa pandemi ini, Kementerian Perindustrian Indonesia merangkul produsen otomotif lokal untuk membantu dalam memproduksi ventilator.

Sebagai bentuk respon, produsen otomotif lokal bekerja sama dengan inovator ventilator lokal dan beberapa Universitas ternama di Indonesia untuk membentuk kelompok proyek ventilator yang dinamai dengan VENINDO TEAM (Tim Ventilator Indonesia).

Baca Juga: Kemenkes berhasil susun protokol standar terapi penanganan Covid-19, ini kata Luhut

Untuk mempercepat proses pengembangan, tim VENINDO mengundang Omron yang merupakan salah satu pemain utama dalam industri otomasi untuk bergabung pada pengembangan ventilator.

Omron diberikan kesempatan untuk memasukkan komponen penting dalam pengembangan ventilator yaitu PC Industri seri NY dengan fungsi layar sentuh.

“Terinspirasi dengan misi perusahaan kami dalam meningkatkan kehidupan dan memberikan kontribusi yang lebih baik kepada masyarakat, tujuan kami berkolaborasi di dalam proyek ini adalah untuk memberikan kontribusi dalam menciptakan mesin pernapasan terbaik sehingga dapat membantu semua orang yang membutuhkannya terutama pada masa pandemi ini," ujar Don Teng, Managing Director dari PT OMRON Electronics – Indonesia dalam keterangan resmi, Selasa (22/9).

Don Teng mengatakan terus mendukung proyek ini dengan memastikan pemenuhan rantai pasokan barang dan menjamin kualitas barang sesuai dengan yang diekspektasikan oleh mitra. 

Dengan mitra yang memiliki pemahaman yang sama seperti VENINDO, perancangan dan pembuatan prototipe berjalan dengan sangat lancar. Ventilator dari Tim VENINDO telah lulus serangkaian uji coba dari lembaga BPFK Surabaya (Badan Pengaman Fasilitas Kesehatan) dan saat ini sedang menjalani uji coba klinis untuk mendapatkan sertifikasi sebagai peralatan medis dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Baca Juga: Kasus corona pecah rekor, IDI sudah prediksi penambahan kasus corona bakal tinggi

Seperti yang kita ketahui, ventilator adalah mesin yang memiliki kompleksitas tinggi, dimana PC Industri seri NY dapat berfungsi untuk mengendalikan tekanan oksigen dengan tepat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh pasien dan komponen ini dapat memberikan alarm mengenai tanda vital kepada perawat, dokter, dan professional kesehatan jika terdeteksi abnormalitas pada pasien.

Fitur lain yang sangat berguna dari PC Industri seri NY OMRON ini adalah kemampuannya untuk diintegrasikan dengan platform Internet of Things (IoT). Dengan integrasi secara vertikal, PC Industri ini dapat memberikan data dari mesin ventilator langsung ke sistem IT.

Sehingga, ilmuan medis dapat mengumpulkan data dari ventilator, menyimpannya ke Cloud dengan menggunakan port Ethernet dan menganalisa data tersebut untuk menciptakan perawatan yang lebih baik bagi pasien di masa depan.

Editor: Yudho Winarto


Terbaru