Tidak ingin terkena diabetes di usia muda? Simak tips berikut ini

Jumat, 08 Mei 2020 | 11:51 WIB Sumber: Kompas.com
Tidak ingin terkena diabetes di usia muda? Simak tips berikut ini

ILUSTRASI. ilustrasi kesehatan, test gula darah, Jakarta (03/11). Kontan/Alri kemas

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Diabetes menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Bahkan, data WHO menyebut diabetes telah meningkatkan risiko kematian dini pada seseorang. 

Diabetes merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin yang mencukupi, atau tubuh tidak dapat menggunakan jumlah insulin yang ada secara efektif. 

Insulin adalah hormon yang mengatur gula darah dalam tubuh. Akibatnya, gula darah berlebihan dan timbul penyakit yang disebut diabetes. 

Baca Juga: Amazing! Ini manfaat rutin jalan kaki untuk kesehatan Anda

Diabetes bisa mendatangkan komplikasi kerusakan organ-organ dalam tubuh kita, seperti kerusakan saraf, ginjal dan jantung. Agar kita terhindar dari penyakit ini, cara terbaik adalah dengan mengubah gaya hidup. 

Membuat beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup dapat membantu kita terhindar dari hal tersebut. Berdasarkan data American Diabetes Association dan Hardvard Medical School, berikut cara sederhana mencegah penyakit diabetes: 

1. Rutin melakukan aktivitas fisik 

Aktivitas fisik yang rutin membuat kita menuai banyak manfaat, seperti menurunkan berat badan, menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin yang membantu menjaga kadar gula darah. 

Penelitian menunjukkan latihan aerobik dan resistensi dapat membantu mengendalikan diabetes. Nah, agar kita benar-benar terhindar dari diabetes, kita bisa menerapkan dua jenis aktivitas fisik tersebut. 
 
2. Konsumsi cukup serat 

Selain membantu menurunkan berat badan, serat membantu kita mengontrol gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kita bisa mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan atau biji-bijian yang mengandung serat tinggi. 

3. Konsumsi lemak sehat 

Jenis-jenis lemak dalam makanan yang kita konsumsi juga mempengaruhi risiko diabetes. Lemak sehat, seperti lemak tak jenuh ganda yang ditemukan dalam minyak sayur cair, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu menangkal diabetes tipe 2. 

Sebaliknya, lemak trans yang kerap ditemukan dalam banyak jenis margarin, makanan yang dipanggang atau makanan yang digoreng di sebagian besar restoran cepat saji dapat mengembangkan risiko diabetes. 

4. Hindari minuman manis

Minuman manis mengandung glikemik yang tinggi yang pada akhirnya meningkatkan risiko diabetes. Hal tersebut telah terbukti dalam riset the Nurses’ Health Study. 

Riset tersebut membuktikan wanita yang minum satu atau lebih minuman manis per hari memiliki risiko 83 persen lebih tinggi terkena diabetes tipe 2, dibandingkan dengan wanita yang minum kurang dari satu minuman manis per bulan. 

Sebagai gantinya, kita bisa memilih mengonsumsi air putih, kopi dan teh tanpa tambahan pemanis buatan.(Ariska Puspita Anggraini)

Baca Juga: Ini lo bedanya anemia dan darah rendah

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Mudah Mencegah Diabetes", https://www.kompas.com/tren/read/2019/11/15/055200965/4-cara-mudah-mencegah-diabetes?page=all.

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru