Tidak Ingin Perut Kembung? Jangan Konsumsi Makanan Ini

Jumat, 18 Februari 2022 | 16:26 WIB Sumber: Kompas.com
Tidak Ingin Perut Kembung? Jangan Konsumsi Makanan Ini

ILUSTRASI. Bawang bombai bisa memicu perut kembung.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perut kembung menciptakan rasa yang tidak nyaman. Catat! Ini makanan yang bisa memicu perut kembung. 

Mengutip dari Healthline, 16-30 persen orang mengatakan bahwa mereka bahkan mengalami perut kembung secara teratur. 

Baca Juga: Ini Aturan Konsumsi Jahe untuk Meredakan Asam Lambung

Perut kembung bisa disebabkan oleh beberapa hal, termasuk adanya gejala penyakit serius. Namun perut kembung bisa pula dipicu oleh makanan tertentu. 

Makanan yang bisa sebabkan perut kembung 

Berikut ini sejumlah makanan yang bisa menyebabkan kembung: 

1. Kacang 

Salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat menyebabkan perut kembung adalah buncis. 

Pada dasarnya kacang mengandung protein tinggi dan karbohidrat yang sehat. 

Kacang-kacangan juga kaya serat, vitamin dan mineral. Namun sebagian besar kacang mengandung gula alfa-galaktosida yang termasuk dalam karbohidrat FODMAP. 

FODMAP adalah karbohidrat rantai pendek yang sulit dicerna yang kemudian difermentasi oleh bakteri usus di usus besar. 

Hasil fermentasi tersebut menghasilkan gas yang bisa membuat perut kembung pada orang yang usus besarnya mudah mengalami iritasi. 

Untuk mengurangi FODMAP, maka yang bisa dilakukan adalah dengan merendam kacang dan mengganti airnya beberapa kali. 

2. Gandum 

Meski masih menjadi perdebatan, namun gandum belakangan dipercayai sebagai penyebab perut kembung. 

Hal ini karena gandum mengandung protein yang disebut dengan gluten. 

Gandum sendiri adalah bahan pangan yang banyak dikonsumsi dalam bentuk kue, biscuit dan sebagainya. 

Bagi orang yang sensitif gluten maka sangat mungkin perut kembung terjadi usai mengkonsumsinya. 

Adapun sebagai alternatif selain gandum maka bisa mengonsumsi tepung almond, tepung kelapa. 

3. Brokoli 

Sejumlah sayuran seperti brokoli dan keluarganya termasuk kembang kol, kubis, kubis brussel dan sebagainya adalah makanan yang mengandung beragam nutrisi. 

Seperti serat, vitamin C, vitamin K, zat besi dan potasium. Namun mereka juga mengandung FODMAP sehingga bisa menyebabkan perut kembung. 

4. Bawang Bombay 

Meskipun umumnya konsumsi bawang Bombay hanya dalam jumlah kecil, namun bawang Bombay adalah salah satu makanan yang bisa menyebabkan perut kembung. 

Beberapa orang cukup sensitif terhadap senyawa dalam bawang Bombay termasuk juga bawang putih. 

Bagi orang yang sensitif bawang Bombay bisa menimbulkan perut kembung dan menimbulkan rasa tidak nyaman. 

5. Gandum hitam 

Gandum hitan merupakan sumber serat, mangan, fosfor, tembaga dan vitamin B.

Namun gandum hitam juga mengandung gluten yang bisa memicu perut kembung. 

Padahal, kandungan gluten pada gandum hitam tinggi. Sehingga bagi orang yang sensitif sebaiknya menhindarinya. 

6. Apel 

Apel merupakan buah yang populer dan digemari banyak orang. Hal ini karena selain rasanya enak, apel mengandung banyak serat dan vitamin C. 

Namun apel bisa menyebabkan perut kembung. Jika perut mudah kembung maka sebaiknya ganti buah ini dengan alternatif buah yang lain.(Nur Rohmi Aida) 

Baca Juga: Selain Air Kelapa, Ini 2 Minuman yang Efektif Meredakan Asam Lambung

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Makanan yang Bisa Sebabkan Perut Kembung", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru