Covid-19

Tetap jalankan protokol kesehatan jika bepergian ke luar negeri

Kamis, 10 Juni 2021 | 10:05 WIB   Reporter: Filemon Agung
Tetap jalankan protokol kesehatan jika bepergian ke luar negeri


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setahun lebih setelah pandemi covid-19 pertama kali terjadi di Indonesia, sejumlah aktivitas perjalanan dinas baik di dalam negeri maupun ke luar negeri masih dilakukan secara terbatas.

Plantations & Techniques Director PT Gozco Plantations Tbk (GZCO) Andrew Michael mengungkapkan sejauh ini memang belum ada perjalanan ke luar negeri pasca pandemi covid-19 terjadi.

Kendati demikian, jika pun diharuskan melakukan perjalanan ke luar negeri Andrew memastikan tetap bakal mematuhi protokol kesehatan dan ketentuan isolasi yang ada di negara tujuan. "Pastikan suntik vaksin dulu, karantina ikuti ketentuan negara yang dikunjungi maupun karantina sesuai ketentuan di Indonesia saat kembali," kata Andrew kepada Kontan.co.id, Rabu (9/6).

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Rabu (9/6): Tambah 7.725 kasus, ingat jaga jarak

Andrew melanjutkan, hingga saat ini GZCO juga belum menerima tamu dari luar negeri. Jika nantinya ada pengunjung dari luar negeri maka diharuskan melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu serta ketentuan lainnya dari pemerintah.

Head of Investor Relations PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO) Michael Kesuma mengungkapkan perjalanan dinas ke luar negeri biasanya dilakukan minimal setahun sekali , akan tetapi sejak pandemi covid-19 terjadi maka dirinya dan rekan kerja lainnya sebisa mungkin menunda perjalanan dinas tersebut.

"Sebelumnya cenderung ada dinas ke luar negeri tiap tahun tapi sejak pandemi tidak ada dan setahu saya kolega-kolega juga hold semua,"  kata Michael kepada Kontan.co.id, Rabu (9/6).

Michael melanjutkan, ketentuan isolasi mandiri juga harus tetap dilakukan bagi karyawan perusahaan yang sehabis menjalankan perjalanan ke luar negeri.

Baca Juga: Rajin olahraga bisa jadi cara mencegah virus corona

Selain syarat isolasi mandiri yang ditentukan pemerintah, Michael memastikan SGRO pun menekankan syarat isolasi hingga 10 hari bagi karyawan atau pengunjung yang baru tiba dari luar negeri.

Bahkan tak hanya untuk perjalanan antar negara, ketentuan isolasi dan protokol tetap dijalankan untuk perjalanan antar kota semisal dari Jakarta menuju lokasi perkebunan di luar Jakarta. "Protokol sangat ketat, setibanya di lokasi juga harus isolasi mandiri dulu di mess atau di hotel,"pungkas Michael.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Pemerintah terus evaluasi keamanan dan khasiat vaksin Covid-19 yang digunakan

 

Editor: Tendi Mahadi
Terbaru