Tetap Jaga Kesehatan, Ini Cara Menjaga Pola Makan Agar Tidak Kalap saat Lebaran

Minggu, 01 Mei 2022 | 14:17 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tetap Jaga Kesehatan, Ini Cara Menjaga Pola Makan Agar Tidak Kalap saat Lebaran

ILUSTRASI. Tetap Jaga Kesehatan, Ini Cara Menjaga Pola Makan Agar Tidak Kalap saat Lebaran. Times of India


KONTAN.CO.ID -  Ada banyak makanan khas yang lezat tersaji untuk memeriahkan lebaran Idul Fitri. Tidak jarang kita menjadi lepas kontrol dan menyantap apapun yang dihidangkan. 

Makanan seperti rendang, opor ayam, sambal goreng ati, semur daging, hingga kue kering aneka ragam kerap kali dihidangkan saat lebaran. 

Tidak hanya nikmat, banyak dari makanan tersebut mengandung lemak, minyak, dan gula yang tinggi. 

Agar bisa tetap mengendalikan diri dan tidak berlebihan makan saat Lebaran nanti, ahli gizi Universitas Gadjah Mada, Toto Sudargo, memberikan tips-nya. 

Dia menyampaikan, pengendalian diri saat lebaran perlu dilakukan termasuk mengatur konsumsi makanan agar tubuh tetap sehat. 

Baca Juga: Tips Menjaga Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran 2022

Puasa Ramadhan menjadi momen untuk mengajarkan cara menjalani hidup sehat. Tidak hanya mengendalikan emosi saja, tetapi puasa juga menjadi media untuk mengatur kebiasaan makan. 

“Saat puasa kita tidak makan selama kurang lebih 12-13 jam. Ini memberikan kesempatan atau memanjakan organ pencernaan untuk beristirahat,” jelasnya seperti dikutip dari situs UGM. 

Tips mengendalikan pola makan saat lebaran

Momen lebaran adalah momen dimana kita dimanjakan dengan berbagai makanan berlemak, bersantan, dan tinggi gula. 

Setelah berpuasa selama sebulan penuh, biasanya akan muncul kecenderungan kalap makan saat lebaran. 

Jika tidak dikendalikan, perilaku makan berlebihan tersebut bisa memicu munculnya beberapa penyakit di kemudian hari. 

Toto membagikan cara merayakan lebaran dengan lebih sehat, salah satunya dengan membatasi porsi makan atau makan dalam porsi kecil. 

“Silahkan untuk makan apa saja saat lebaran mau lemak, karbohidrat, gula dan lainnya. Namun yang penting secukupnya atau sedikit-sedikit saja,” terang Dosen Departemen Gizi Kesehatan FKKMK UGM Ini. 

Baca Juga: Zakat Fitrah: Pengertian, Niat, Golongan Penerima, dan Jumlah yang Dibayarkan

Selain itu perlu mengimbangi dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur. Makanan tinggi serat tersebut dapat membantu mengikat lemak dalam makanan yang kita makan. 

“Buah tidak buat eneg dan juga mengandung gula kompleks sehingga lebih aman,”imbuhnya.

Selanjutnya adalah tetap lakukan olahraga atau aktivitas fisik untuk membakar kalori. Anda bisa melakukan aktivitas fisik secara rutin selama 30 menit setiap hari.

Selain itu tetap makanan sesuai jam makan yaitu 3 kali sehari. Hal ini penting dilakukan untuk mengontrol asupan kalori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru