kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terungkap! Ini penyebab munculnya rasa ingin BAB setelah minum kopi


Selasa, 19 Mei 2020 / 11:55 WIB
Terungkap! Ini penyebab munculnya rasa ingin BAB setelah minum kopi
ILUSTRASI. ilustrasi kesehatan, minuman dan makanan untuk kesehatan , kopi buji kopi kafe


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Segelas kopi bisa menambah mood atau meningkatkan konsetrasi seseorang. Namun, sebagian orang merasakan sensasi ingin buang air besar setelah minum kopi. 

Rasa tersebut muncul ketika seseorang minum kopi latte, espresso, cold brew, atau mungkin kopi tubruk. Mengapa hal itu bisa terjadi? 

Ahli Gastroenterologi Integratif Marvin Singh, M.D. menjelaskan, sensasi tersebut bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Misalnya, suhu hangat dari air mungkin bisa menstimulasi motilitas (daya gerak). 

Baca Juga: Ingin paru-paru tetap sehat? Konsumsi makanan ini secara rutin

"Kafein juga berkontribusi atas kontraksi pada usus besar," katanya, seperti dilansir dari Mind Body Green. Saat ini sudah ada beberapa studi yang mendalaminya, namun jumlahnya belum cukup untuk mengonfirmasi teori apapun. 
Meski begitu, Dokter Kedokteran Fungsional Wendie Trubow, M.D., MBA, mengatakan, kopi memang bisa meningkatkan aktivitas pada usus yang disebut peristaltik. 

Artinya, meski penyebabnya belum jelas, minum kopi ketika mengalami sembelit mungkin bisa membantu menyelesaikan masalah. 

Lalu, apakah suhu air mempengaruhi? Ia menambahkan, ada dua hal utama yang menstimulasi saluran gastrointestinal, yakni makan dan bangun tidur.

Sehingga ketika kita bangun tidur dan minum minuman hangat di pagi hari, aktivitas itulah yang mungkin menjadi alasan kita ingin buang air besar. 
Namun, jika minum kopi dilakukan di waktu lainnya, suhu air mungkin tidak memberikan perbedaan. "Bahan kimia asam dan senyawa lain dalam kopi mungkin masih berkontribusi pada pergerakan usus," kata Singh.

Pencegahan 

Jika Anda tidak suka dengan sensasi ingin buang air besar setelah minum kopi. Maka hindari meminumnya di pagi hari. 

"Ini bukan sesuatu yang pasti, namun kemungkinan waktu dan jumlah kopi yang kita minum akan memengaruhi pergerakan usus," ujar Singh. 

Selain itu, jika kamu sensitif terhadap laktosa, mengganti creamer susu dengan susu almond atau susu gandum bisa menjadi alternatif untuk membantu mengurangi gas dan kembung. 

Sayangnya, jika tubuhmu responsif terhadap kopi, kamu kemungkinan sulit menghentikan efeknya ketika minum kopi. 

"Jika itu merepotkan, kamu bisa mencoba mengganti kopi dengan teh atau air hangat dengan lemon," kata Trubow.(Nabilla Tashandra)

Baca Juga: Ini jus buah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi Anda


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Minum Kopi Bisa Timbulkan Sensasi Ingin BAB?",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×