Tips Sehat

Tertarik obat herbal, ini khasiat 3 bahan yang wajib Anda tahu

Sabtu, 04 Juli 2020 | 05:52 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Tertarik obat herbal, ini khasiat 3 bahan yang wajib Anda tahu

ILUSTRASI. Tiap obat herbal memiliki khasiatnya masing-masing.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Obat herbal masih menjadi pilihan orang, meski teknologi di dunia medis sudah semakin canggih. Kebutuhan seseorang untuk menggunakan obat herbal tidak hanya di Indonesia, lo.

Warga dari negara lain juga memakai obat herbal sebagai salah satu pemenuh kebutuhan medisnya. Hal tersebut tentu saja menjadi peluang besar bagi para pebisnis. Dilansir dari healthline.com, pertumbuhan industri obat herbal bisa menembus angka USD 60 miliar dolar per tahun.

Baca Juga: Jangan panik! Coba lakukan hal berikut saat kepala pusing

Akan tetapi, Anda tidak bisa menggunakan obat herbal secara sembarang. Meski alami, tidak semua obat herbal aman. Mengutip dari urmc.rochester.edu, masih banyak obat herbal yang belum dites sepenuhnya. Jadi, ada beberapa obat herbal yang belum bisa dipastikan apakah aman dikonsumsi atau bisa memberikan efek samping.

Dari sekian banyak obat herbal yang bisa dicoba, ada beberapa yang sudah terbukti khasiatnya.

Obat herbal berbahan ginseng

Ginseng menjadi obat herbal pertama yang bisa Anda coba. Biasanya, bagian akar bisa dibuat sebagai bahan dasar teh. Ginseng juga bisa dikeringkan hingga menjadi bubuk.

Jahe sebagai obat herbal

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi ginseng sebagai obat herbal. Pertama, daya tahan tubuh atau imunitas Anda akan meningkat. Selain itu, ginseng juga bisa dikonsumsi untuk menambah energi dan meningkatkan fungsi otak. Tak hanya itu, ginseng juga bisa berperan sebagai antiinflamasi.

Masih mengutip dari healthline.com, konsumsi ginseng dalam jangka waktu singkat memang aman. Namun, belum bisa dipastikan apakah ginseng aman dikonsumsi untuk jangka waktu yang panjang. Efek samping yang dihasilkan dari mengonsumsi ginseng adalah sistem pencernaan dan kualitas tidur terganggu serta sakit kepala.

Bawang Putih sebagai obat herbal

Selain ginseng, obat herbal selanjutnya yang cukup terkenal di seluruh dunia adalah bawang putih. Manfaat yang bisa saat Anda mengonsumsi bawang putih adalah tingkat kolesterol dan tekanan darah akan menurun.

Namun, mengonsumsi bawang putih sebagai obat herbal perlu diwaspadai bagi Anda yang juga mengonsumsi warfarin. Mengutip dari artikel yang sama di urmc.rochester.edu, mengonsumsi bawang putih bersama dengan warfarin justru akan berpengaruh pada penggumpalan darah.

Baca Juga: Anda gatal-gatal? Ini obat herbal yang ampuh meredakan ruam dan gatal

Obat herbal Jahe

Anda pasti sering ketemu jahe, kan? Obat herbal ini bisa dikonsumsi dengan banyak cara. Beberapa di antaranya adalah di minum dalam bentuk teh atau kapsul. Manfaat jahe sangat terasa, apalagi bagi orang-orang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, migrain, atau demam.

Jahe sebagai obat herbal juga bisa dipakai untuk meredakan mual. Bagi ibu hamil dan seseorang yang sedang menjalani kemoterapi atau operasi medis sangat terbantu dengan obat herbal ini.

Mengonsumsi jahe sebagai obat herbal jarang menimbulkan efek samping. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, seseorang bisa mengalami diare.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru