Tips Sehat

Ternyata, 8 makanan tinggi lemak ini bisa membantu turunkan berat badan

Jumat, 07 Agustus 2020 | 13:56 WIB Sumber: Kompas.com
Ternyata, 8 makanan tinggi lemak ini bisa membantu turunkan berat badan

ILUSTRASI. buah alpukat atau avokad. foto wikipedia.org

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan berlebih atau mempertahankan berat badan yang sehat, kamu mungkin cenderung menghindari makanan berlemak tinggi. 

Sepanjang hidup, kita diajarkan untuk memandang lemak sebagai musuh kesehatan, dan meminimalkan asupan lemak, entah itu saat berjuang menurunkan berat badan atau tidak. 

Tentu saja, jika saat diet kamu tetap mengonsumsi junk food yang mengandung lemak nabati terhidrogenasi, maka diet yang kamu lakukan kemungkinan akan gagal. Belum lagi, masalah kesehatan lain yang berisiko muncul. 

Baca Juga: Wajib tahu! Inilah gejala kolesterol tinggi dan cara mengatasinya

Selama bertahun-tahun, lemak telah dikaitkan dengan semua hal buruk, mulai dari penyakit kardiovaskular dan kanker hingga hipertensi dan diabetes. 

Sehingga, meskipun kamu makan sebanyak yang diinginkan tanpa menambah berat badan, pola makan tinggi lemak tetap dapat merusak pembuluh darah dan organ tubuh. 

Meski demikian, diet yang sehat harus mengandung lemak. 

"Jangan takut gemuk," kata Susie Rucker, ahli terapi nutrisi di Body With Soul. 

“Ini penting untuk kesehatan kita. Ini membantu tubuh menyerap vitamin seperti A, D, E dan K, membantu dalam produksi hormon, menjaga kulit kita terlihat baik, membuat kita kenyang dan mengatur nafsu makan kita, menghancurkan hasrat makanan, dan meningkatkan kemampuan pembakaran lemak tubuh,” ujar Rucker. 

Tidak semua lemak diciptakan sama 

Lemak yang harus dihindari adalah lemak trans, yang biasanya ditemukan dalam makanan ringan kemasan dan makanan ringan seperti kue, pai, dan keripik. 
Sedangkan lemak sehat ditemukan dalam makanan utuh yang tidak diproses. Ketika dikonsumsi dalam keadaan alaminya tanpa dicampur dengan apapun, mereka memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. 

Editor: Herlina Kartika Dewi
Tag


Terbaru