Termasuk pantangan kolesterol, hindari 5 makanan ini

Rabu, 01 September 2021 | 10:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Termasuk pantangan kolesterol, hindari 5 makanan ini

ILUSTRASI. Salah satu pantangan kolesterol adalah gorengan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu cara menurunkan kolesterol yang bisa Anda lakukan adalah membatasi konsumsi pantangan kolesterol. Alih-alih mengonsumsi makanan tinggi kalori dan lemak jenuh, pilihlah jenis makanan lain yang lebih sehat.

Jumlah kolesterol dalam tubuh yang tidak terkontrol bisa meningkatkan tekanan darah. Ketika hal itu terjadi, risiko penyakit jantung pun bertambah. Anda perlu menghindari kondisi itu supaya kesehatan tubuh tak terganggu.

Tidak hanya mengontrol konsumsi makanan pantangan kolesterol di bawah ini, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat yang lain. Pastikan untuk tetap berkonsultasi ke dokter supaya kondisi kesehatan tetap terpantau.

Daging Olahan

Jika Anda ingin menurunkan kolesterol, Cleveland Clinic (health.clevelandclinic.org) merekomendasikan Anda untuk membatasi konsumsi daging olahan. Alasannya karena jenis makanan itu mengandung banyak natrium. Daging olahan juga tak memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Ini 5 pantangan tekanan darah tinggi, tak hanya garam

Gorengan

Gorengan memang terasa enak, tapi Anda tetap perlu menghindari jenis makanan itu karena termasuk salah satu pantangan kolesterol. Proses penggorengan mengakibatnya gorengan memiliki banyak lemak jenuh dan kolesterol.

Produk Olahan Susu

Tahukah Anda bahwa produk olahan susu termasuk dalam daftar makanan kolesterol tinggi. Susu, yogurt, keju, dan produk olahan susu yang lain biasanya mengandung banyak lemak jenuh yang bisa meningkatkan jumlah kolesterol dalam tubuh.

Jika Anda memang ingin mengonsumsi susu, cobalah untuk memilih susu rendah lemak. Namun, bukan berarti Anda bebas mengonsumsinya dalam jumlah banyak, ya. Anda tetap perlu membatasi konsumsi jenis makanan tersebut agar tubuh tetap sehat.

Makanan Manis

Makanan manis termasuk dalam daftar pantangan kolesterol.

Pantangan kolesterol selanjutnya yang perlu Anda hindari adalah makanan manis. Mulai dari kue, donat, dan jenis makanan atau minuman manis yang lain. sama seperti jenis makanan yang telah disebutkan, makanan manis mengandung banyak kolesterol dan lemak jenuh.

Tidak hanya mampu menambah jumlah kolesterol, makanan manis juga mampu meningkatkan jumlah trigliserida. Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Catat! Ini 5 pantangan diabetes yang perlu Anda hindari

Daging Merah

Daging merah termasuk salah satu makanan penyebab kolesterol yang konsumsinya perlu Anda batasi. Melansir Cleveland Clinic, daging sapi panggang, daging babi potong, dan jenis daging merah lain biasanya mengandung banyak lemak jenuh serta kolesterol.

Daripada mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tersebut, cobalah untuk makan daging dengan kandungan lemak yang lebih sedikit. Mulai dari sirloin, tenderloin, dan lain-lain. Jangan lupa untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya.

Selanjutnya: 5 Makanan yang dilarang untuk penyakit jantung, apa saja?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru