kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terbukti ilmiah, coba 6 buah penurun kolesterol ini


Selasa, 02 November 2021 / 11:38 WIB
Terbukti ilmiah, coba 6 buah penurun kolesterol ini
ILUSTRASI. Ada banyak pilihan buah penurun kolesterol yang layak untuk Anda coba.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah kolesterol dalam tubuh Anda perlu selalu dikontrol. Jika jumlahnya terlalu banyak, ada banyak efek kesehatan yang bisa Anda alami, misalnya penyakit jantung. Nah, dari sekian banyak cara yang bisa Anda coba, mengonsumsi buah penurun kolesterol adalah salah satunya.

Kolesterol adalah sejenis senyawa berlemak yang berjalan di aliran darah. Seiring berjalannya waktu, jumlah kolesterol berlebih akan menyumbat aliran darah sehingga tekanan darah tinggi pun Anda alami. Nah, kondisi itulah yang membuat risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit lain meningkat.

Rutin mengonsumsi beberapa jenis buah ini memang bisa menurunkan kolesterol. Namun, usahakan untuk tetap melakukan konsultasi ke dokter secara teratur, ya. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda bisa selalu terpantau.

Stroberi

Melansir Good Housekeeping (goodhousekeeping.com), stroberi mengandung banyak polifenol. Polifenol adalah salah satu senyawa yang bisa Anda temukan di bahan alami yang membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Baca Juga: Mudah didapatkan! Ini 8 bahan alami yang bisa mengatasi kolesterol tinggi

Tomat

Jika Anda mencari cara menurunkan kolesterol, maka makan tomat secara teratur termasuk salah satu langkah yang perlu Anda coba. Salah satu jenis antioksidan yang terdapat dalam tomat mampu menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, tomat juga dipenuhi dengan nutrisi lain, misalnya vitamin C.

Raspberry

Raspberry berguna sebagai buah penurun kolesterol.

Jenis buah beri lainnya, yaitu raspberry, termasuk dalam daftar buah penurun kolesterol. Alasannya karena segelas raspberry mengandung 8 g serat sehingga rutin mengonsumsi jenis buah itu dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat. Selain itu, mengonsumsi serat juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Apel

Tahukah Anda apel bisa menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh Anda? Sama seperti buah sebelumnya, manfaat apel itu berasal dari kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Untuk memaksimalkan efeknya, usahakan untuk mengonsumsi apel bersama dengan kulitnya, ya.

Baca Juga: Buat penderita diabetes, ini 5 camilan yang bisa jadi pilihan

Alpukat

Alpukat termasuk buah penurun kolesterol.

Good Housekeeping merekomendasikan alpukat sebagai penurun kolesterol. Ada banyak nutrisi penting dalam alpukat yang baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular. Mulai dari lemak tak jenuh, serat, dan lain sebagainya.

Bluberi

Mengonsumsi bluberi secara teratur juga bisa jadi cara menurunkan kolesterol, lo. Menurut beberapa hasil penelitian, makan bluberi juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Jadi, tak ada salahnya untuk memasukkan salah satu jenis buah beri itu dalam menu sehat yang Anda konsumsi sehari-hari.

Selanjutnya: Mudah didapat! Ini bahan alami perontok asam urat tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×