Teh organik ini punya manfaat besar bagi tubuh, ayo dicek

Kamis, 22 Juli 2021 | 10:20 WIB   Reporter: Christ Penthatesia
Teh organik ini punya manfaat besar bagi tubuh, ayo dicek

ILUSTRASI. Teh hijau atau green tea, salah satu teh organik yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi Anda

KONTAN.CO.ID - Teh tetap menjadi minuman yang jadi pilihan untuk dikonsumsi sehari-hari. Apalagi jika teh yang Anda konsumsi adalah teh herbal atau teh organik, tentu banyak manfaatnya. 

Melansir dari halaman Tealovers, teh organic memiliki banyak manfaat seperti membantu menjaga kesehatan saluran cerna, antioxidant, memberikan ketenangan, bahkan hingga dapat membantu menjaga kesehatan organ. 

Teh organik memang belum begitu banyak dikonsumsi orang-orang Indonesia karena harganya yang kurang terjangkau. Namun tak perlu khawatir, jika Anda ingin mencoba mengkonsumsi teh herbal atau teh organik, Anda mungkin bisa memilih satu dari empat teh herbal berikut ini sebagai permulaannya.

Baca Juga: Ide Camilan Sehat untuk Anak yang Tidak Suka Sayur

  • Green Tea

Green tea adalah teh yang mengandung banyak antioxidant yang tentunya bagus untuk kesehatan Anda. Antioxidant yang tekandung di dalamnya dapat membantu mengurangi resiko terserang penyakit kanker. 

Healthline juga menyatakan bahwa green tea dapat membantu merawat kesehatan otak. Kandungan catechin yang ada pada green tea adalah senyawa yang dapat membantu melindungi saraf pada otak Anda. Resiko terkena penyakit seperti dementia, Alzheimer, dan Parkinson dapat dikurangi.

  • Black Tea

Melansir dari laman Revolutiontea, black tea memiliki manfaat yang sama seperti kopi namun dengan kadar kafein yang lebih rendah, yaitu untuk menambah energi. Selain mengandung banyak antioxidant yang baik bagi tubuh, black tea juga mengandung flavonoid yang baik untuk merawat kesehatan jantung.

Black tea juga memiliki manfaat lainnya seperti membantu mengurangi resiko terserang kanker, mengurangi resiko terkena stroke, membantu menurunkan kadar tekanan darah, dan membantu melawan kolesterol jahat atau LDL pada tubuh.

Baca Juga: Jahe Merah, Tanaman Ajaib Meningkatkan Imunitas Tubuh di Saat Pandemi

  • Chamomile Tea

Mengkonsumsi teh yang mengandung chamomile memiliki manfaat baik bagi Anda yang sering merasakan sakit saat menstruasi. Chamomile tea menurut Medicalnewstoday dapat membantu mengurangi rasa sakit tersebut serta membantu meredakan rasa gelisah dan moodswing saat menstruasi. Selain itu, teh yang mengandung chamomile juga dipercaya dapat membantu meningkatkan rasa relax dan membantu Anda untuk mendapatkan tidur nyenyak.

  • Peppermint Tea

Dengan rasa yang menyegarkan, meminum teh yang memiliki kandungan peppermint dapat membantu Anda untuk meredakan sakit kepala. Mentol yang terkandung dalam peppermint memiliki kemampuan untuk memperlancar laju peredaran darah dan memberikan sensasi menyegarkan yang dapat membantu meredakan sakit kepala. Aroma mint dari teh yang satu ini juga dapat membantu melemaskan otot-otot yang kaku dan meredakan sakit kepala.

Selanjutnya: Kenali 5 Jenis Wewangian dan Ketahanannya

 

 

Editor: Christ Penthatesia
Terbaru