Teh hijau efektif mencegah dan mengobati jerawat, benarkah?

Kamis, 30 September 2021 | 15:13 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Teh hijau efektif mencegah dan mengobati jerawat, benarkah?

ILUSTRASI. Teh hijau


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Teh hijau mengandung katekin yang bisa mencegah dan mengobati jerawat.   

Teh hijau, salah satu jenis teh yang cukup banyak digemari masyarakat. Tidak heran, teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan. 

Baca Juga: Bisa mengontrol gula darah, begini cara konsumsi daun salam untuk penderita diabetes

Mengutip dari Medical News Today, teh hijau mengandung katekin. Sekedar info, katekin mmiliki sifat antibiotik, anti-inflamasi, dan antioksidan. 

Salah satu senyawa katekin adalah epigallocatechin gallate (EGCG). Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi, antibiotik, dan antioksidan yang signifikan bisa membantu mencegah dan mengobati jerawat. 

menurut tinjauan penelitian tahun 2017, polifenol dapat membantu kesehatan kulit dengan membantu mencegah kelenjar sebaceous memproduksi sebum atau minyak berlebih. 

Asal tahu saja, sebum yang berlebihan bisa menyebabkan sel kulit mati saling menempel dan menyumbat pori-pori yang memicu jerawat. 

Mengutip dua penelitian kecil tentang perawatan kulit, kedunya menunjukkan Penggunaan ekstrak teh hijau selama 60 hari efektif menurunkan sebum pada kulit. 

Ulasan byang lebih lama menunjukkan ekstrak teh hijau bisa membantu berbagai kondisi kulit termasuk jerawat. Namun, penulis ulasan mencatatkan bahwa manfaat yang didapatkan dengan menggunakan teh hijau secara oral atau topikal tidak selalu konsisten. 

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, para peneliti memeriksa bagaimana suplemen teh hijau, khususnya EGCG, memengaruhi jerawat pada perempuan pascaremaja. 

Hasil penelitian menyebutkan EGCG efektif membantu mengurangi lesi peradangan di sekitar hidung, mulut, dan dagu. 

Cara menggunakan teh hijau untuk mengobati jerawat 

Mengobati jerawat dengan teh hijau ada banyak cara. Anda bisa mengoleskan produk yang mengandung teh hijau secara langsung pada permukaan kulit. 

Alternatif cara lainnya adalah mengonsumsi suplemen secara oral. 

Para peneliti melihat mengobatan jerawat dengan teh hijau secara topikal atau sebagai suplemen. Sebagian besar penelitian telah menunjukkan efek positif dari menggunakan salah satu dari metode ini. 

Beberapa penelitian melihat efek minum teh hijau sebagai pengobatan untuk jerawat. Masalah utamanya adalah peneliti belum menentukan dosis yang efektif, sehingga jumlah senyawa dalam minuman mungkin tidak cukup untuk mengobati jerawat. 

Bila Anda tertarik untuk mengonsumsi teh hijau ada baiknya menyeduh sendiri di rumah. Sebab, teh hijau kalengan atau botolan mengandung gula. 

Kandungan tersebut menghilangkan manfaat potensial dari teh hijau. 

Baca Juga: 5 Waktu yang tepat minum air putih untuk menurunkan berat badan

Selanjutnya: Tak hanya menurunkan kolesterol, alpukat efektif mengatasi obesitas dan diabetes

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru