kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanpa Perlu Minum Obat, 3 Cara Alami Ini Bisa Mengatasi Masalah Sakit Kepala


Kamis, 22 Desember 2022 / 11:41 WIB
Tanpa Perlu Minum Obat, 3 Cara Alami Ini Bisa Mengatasi Masalah Sakit Kepala


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Sakit kepala umum dialami oleh banyak orang. Bahkan karena sudah biasa terjadi, obat-obatan pereda sakit kepala banyak dijual di berbagai toko dan bisa dibeli tanpa resep dokter.

Sakit kepala muncul disebabkan oleh beragam faktor mulai kondisi fisik yang tidak bugar hingga stres. 

Pada masing-masing orang tingkat rasa sakit atau nyeri di bagian kepala berbeda-beda, mulai dari ringan hingga berat. Durasinya pun beragam, dapat berlangsung hanya sebentar atau bahkan berhari-hari.

Islam Syarifurrahman, Ners Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menyebut, pada umumnya sakit kepala dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, apabila keluhan tidak segera diobati bisa mengganggu aktivitas.

Baca Juga: Lowongan Magang di Unilever Buat Mahasiswa dan Fresh Graduate, Cek Syaratnya

“Seseorang biasanya mengkonsumsi obat untuk meredakan gejala pusingnya dengan cepat, padahal  penyakit ringan seperti ini dapat disembuhkan tanpa obat,”ujar Islam, dikutip dari situs UM Surabaya.

Cara alami mengatasi sakit kepala

Islam menyebut instensitas nyeri sakit kepala tiap orang berbeda. Nyeri ringan merupakan nyeri yang hilang kemudian timbul, nyeri sedang adalah nyeri yang dirasakan terus menerus, dan nyeri berat terjadi sepanjang hari.

Islam membagikan beberapa cara menghilangkan sakit kepala secara alami tanpa perlu meminum obat, diantaranya:

1. olahraga. 

Menurutnya olahraga teratur seperti yoga menjadi pilihan yang baik untuk mencegah serta mengatasi sakit kepala.

Olahraga dalam hal ini melakukan gerakan yang fokus pada relaksasi, peregangan pada tubuh, serta mengatur pola pernapasan.

“Kombinasi gerakan tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih rileks serta meregangkan otot yang kaku, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancer,” kata Islam.

2. kompres air hangat pada leher. 

Kompres air hangat dengan suhu 40-50 derajat Celcius memiliki efek terapeutik yang dapat mengurangi nyeri hingga mengurangi kejang pada otot. 

Baca Juga: Pendaftaran PPPK Teknis 2022 Dibuka, Ini Cara Buat Akun di Sscasn.bkn.go.id

Selain itu cara ini dapat meningkatkan aliran darah serta merelaksasikan otot ke pembuluh darah serta melebarkan pembuluh darah sehingga pemasukan oksigen dan nutrisi otak ke jaringan otak meningkat,

“Tujuan kompres air hangat pada leher untuk menurunkan intensitas nyeri kepala,” tambahnya.

3. konsumsi buah-buahan. 

Beberapa jenis buah-buahan juga mampu mengobati sakit kepala. Contohnya seperti pisang yang memiliki kandungan kalium, hal ini baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

“Apabila terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menimbulkan sakit kepala. Buah naga memiliki kandungan yang kaya kalium dan flavonoid sehingga dapat menurunkan tekanan darah,”pungkas Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×