Tanpa Olah Raga, Yuk Coba 5 Cara Membantu Menurunkan Berat Badan

Kamis, 27 Januari 2022 | 15:08 WIB Sumber: Kompas.com
Tanpa Olah Raga, Yuk Coba 5 Cara Membantu Menurunkan Berat Badan

ILUSTRASI. Tanpa Olah Raga, Yuk Coba 5 Cara Membantu Menurunkan Berat Badan


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Olah raga adalah salah satu cara yang banyak dilakukan untuk menurunkan berat badan. Tanpa olah raga, ada cara lain untuk menurunkan berat badan secara mudah.

Banyak orang beranggapan bahwa kita tidak bisa menurunkan berat badan tanpa membakar kalori dengan berolahraga. Bahkan, mereka yang sudah mengikuti pola makan atau diet yang tepat saja masih mempertimbangkan untuk memasukkan rutinitas olahraga atau melakukan latihan di gym.

Namun ternyata, sangat mungkin bagi kita untuk bisa menurunkan berat badan tanpa harus melakukan olahraga atau latihan dengan intensitas yang tinggi. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai caranya, simak empat tips sederhana menurunkan berat badan tanpa olah raga, berikut ini.

1. Memerhatikan diet

Cara pertama menurunkan berat badan tanpa olah raga adalah memperhatikan diet. Untuk bisa menurunkan berat badan secara efektif tanpa berolahraga, kita harus mengikuti diet yang tepat. Orang-orang yang menghabiskan waktunya berjam-jam di gym pun juga perlu memerhatikan pola makan yang seimbang sepanjang hari.

Beberapa ahli percaya bahwa menurunkan berat badan itu membutuhkan aturan 80/20, di mana 80 persen berasal dari diet dan hanya 20 persen dari olahraga. Mengurangi karbohidrat ekstra dan gula olahan lalu menggantinya dengan serat dan protein tambahan dalam diet juga dapat menghasilkan keajaiban dalam menurunkan berat badan.

Baca Juga: Selain Olahraga, Ini 6 Cara Menurunkan Berat Badan Menurut Ahli Diet

2. Banyak minum

Cara kedua menurunkan berat badan tanpa olah raga adalah banyak minum. Air adalah anugerah bagi kehidupan yang juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Menurut penelitian yang diterbitkan di Obesity, minum 500 ml atau dua gelas air tepat setengah jam sebelum makan mampu membantu kita menurunkan berat badan ekstra. Terlepas dari itu, banyak penelitian telah menyatakan bahwa meningkatkan asupan air berbanding lurus dengan kalori yang kita bakar dalam 24 jam.

Percaya atau tidak, kalori dikonsumsi oleh tubuh kita bahkan saat bernafas, istirahat, dan lain-lain. Jika kita meminum air dalam jumlah yang tepat, jumlah kalori tubuh juga secara otomatis akan tetap pada tingkat yang lebih sehat. Para ahli pun merekomendasikan rata-rata orang harus minum minimal 3,7 liter air per hari.

3. Menyerap beberapa vitamin D

Cara ketiga menurunkan berat badan tanpa olah raga adalah menyerap vitamin D secara optimal. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Obesity, penurunan berat badan secara independen terkait dengan konsentrasi serum 25-hidroksivitamin D (25(OH)D) yang lebih tinggi.

Bukan itu saja, penelitian dari The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menunjukkan bahwa orang yang mengalami obesitas memiliki jumlah vitamin D yang lebih sedikit.

Namun, masih ada perdebatan tentang hubungan langsung antara penurunan berat badan dengan vitamin D. Tetapi, mengingat studi di atas dan fakta bahwa nutrisi ini bermanfaat bagi tulang dan kekebalan tubuh, maka kita disarankan untuk menyerap beberapa vitamin D untuk menjaga kesehatan, serta berat badan.

4. Tidur yang cukup

Cara keempat menurunkan berat badan tanpa olah raga adalah tidur yang cukup. Untuk semua orang malas di luar sana, ini mungkin cara termudah dan paling disukai dalam hal menurunkan berat badan. Sesuai penelitian, sangat mungkin bagi kita untuk menyingkirkan kalori yang tidak diinginkan ketika kita tidur.

Menurut PLOS Medicine, ada hubungan antara kebiasaan waktu tidur yang pendek dan peningkatan BMI (indeks massa tubuh). Tidur bekerja pada hormon yang berhubungan dengan rasa lapar seperti ghrelin dan leptin, yang mencegah keinginan kita makan secara berlebihan.

5. Mengurangi stres

Cara kelima menurunkan berat badan tanpa olah raga adalah mengurangi stres. Di masa Covid-19 ini, orang-orang tanpa sadar mengalami stres dan trauma mental yang konstan dalam hidup mereka.

Sementara, memiliki masalah mental seperti stres dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan bahaya kesehatan lainnya. Banyak penelitian telah menyatakan bahwa jika seseorang berada di bawah tekanan atau stres, tubuh mereka melepaskan hormon bernama kortisol yang secara langsung terkait dengan metabolisme yang lebih lambat.

Karena itu, agar tetap tenang, cobalah yoga dan jelajahi dunia meditasi. Ini tidak hanya akan dapat mengurangi stres tetapi juga meningkatkan proses penurunan berat badan.

Itulah sejumlah cara menurunkan berat badan tanpa olah raga. Silakan dibuktikan sendiri!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Sederhana Turunkan Berat Badan Tanpa Berolahraga",


Penulis : Ryan Sara Pratiwi
Editor : Glori K. Wadrianto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru