kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanpa Obat, Kenali 4 Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami


Rabu, 27 Juli 2022 / 05:05 WIB
Tanpa Obat, Kenali 4 Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Obat sakit gigi bisa diperoleh di apotek. Selain dengan obat, untuk mengatasi sakit gigi juga bisa dilakukan dengan cara lain.

Berikut ini ada sejumlah cara mengatasi sakit gigi secara alami tanpa obat-obatan. Cara mengatasi sakit gigi secara alami ini bisa dimanfaatkan jika dalam keadan terdesak.

Anda bisa memanfaatkan cara mengatasi sakit gigi secara alami tanpa obat-obatan ini jika sedang tidak ada di rumah dan jauh layanan kesehatan. Selain itu, cara mengatasi sakit gigi secara alami tanpa obat-obatan jika terjadi pada malam hari.

Saat sakit gigi menyerang, kita jadi tidak bisa melakukan aktivitas apapun. Bahkan, makan dan minumpun terasa tak nyaman.

Terkadang, sakit gigi juga membuat kita mudah emosi dan sensitif dengan suara-suara yang bising. Sakit gigi bisa terjadi karena adanya kerusakan gigi, infeksi, atau tambalan gigi yang loggar dan rusak.

Biasanya, sakit gigi berlangsung selama satu hingga dua hari. Lebih dari itu, Anda harus segera menemui dokter.

Baca Juga: Wajib Coba, Begini 4 Cara Alami yang Efektif Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Selain ke dokter, ada beberapa cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sakit gigi. Berikut cara alami untuk mengatasi sakit gigi tanpa obat:

1. Kompres dengan air es

Cara pertama mengatasi sakit gigi secara alami tanpa obat-obatan adalah dengan kompres air es. Kompres dingin atau kompres es dapat membantu meredakan sakit gigi, terutama jika sakit gigi disebabkan oleh cedera atau gusi bengkak.

Anda bisa mencoba menempelkan es batu pada bagian luar pipi, tepat di atas gigi yang sakit selama beberapa menit setiap kali. Cara mengatasi sakit gigi secara alami tanpa obat-obatan ini membantu menyempitkan pembuluh darah, memperlambat aliran darah ke daerah yang sakit.

Pada akhirnya, cara mengatasi sakit gigi secara alami tanpa obat-obatan ini juga membantu menghilangkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan serta peradangan.

2. Berkumur dengan air garam

Cara kedua mengatasi sakit gigi secara alami tanpa obat-obatan adalah berkumur dengan air garam. Membilas mulut dengan air garam hangat membantu melonggarkan kotoran yang bersarang di rongga atau di antara gigi.

Cara mengatasi sakit gigi secara alami tanpa obat-obatan ini juga dapat mengurangi pembengkakan, meningkatkan penyembuhan, dan meredakan sakit tenggorokan.

Anda bisa melarutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan berkumur-kumur selama 30 detik. Proses ini dapat diulang sesering yang diperlukan.

3. Bawang putih

Cara ketiga mengatasi sakit gigi secara alami tanpa obat-obatan adalah menggunakan bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin, yang memiliki sifat antibakteri yang kuat.

Anda bisa menggunakan bawang sebagai peredam sakit gigi dengan cara menghancurkan satu siung bawang putih. Setelah itu, campur dengan sedikit garam, dan oleskan ke gigi yang sakit.

4. Lidah buaya

Cara keempat mengatasi sakit gigi secara alami tanpa obat-obatan adalah menggunakan lidah buaya. Lidah buaya biasanya digunakan untuk menyembuhkan luka bakar.

Namun, tanaman ini juga bisa digunakan untuk meredam dan menenangkan gusi. Penelitian menunjukan bahwa lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan dapat menghancurkan kuman yang menyebabkan kerusakan gigi.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya ke area mulut yang sakit lalu memijatnya dengan lembut.

Itulah berbagai cara mengatasi sakit gigi secara alami tanpa obat-obatan. Jika sakit gigi tak kunjung sembuh, segera hubungi dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Mengatasi Sakit Gigi",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×