CLOSE [X]

Tanpa obat! Ini 6 cara alami menghilangkan lemak perut yang bergelambir

Selasa, 07 Desember 2021 | 14:35 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Tanpa obat! Ini 6 cara alami menghilangkan lemak perut yang bergelambir

ILUSTRASI. lemak perut


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lemak perut yang menggelambir membuat Anda terganggu? Ini 6 cara mudah menghilangkan lemak perut tanpa konsumsi obat.

Lemak perut membuat sebagian orang merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. 

Baca Juga: Bisa menurunkan berat badan, ini manfaat cermai untuk kesehatan

Diet merupakan kunci untuk menghilangkan lemak perut yang menggelambir. 

Mengutip dari Healthline, penelitian menunjukkan lemak perut berhubungan dengan penyakit diabetes tipe II dan jantung/ 

Anda bisa mengukur lemak perut dengan cara mengukur lingkar pinggang menggunakan pita ukur. 

Laki-laki dengan ukuran pinggang di atas 102 cm dan perempuan di atas 88 cm disebut obesitas perut. 

Cara menghilangkan lemak perut 

Strategi penurunan berat badan tertentu bisa menargetkan lemak di area perut lebih banyak daripada area tubuh lainnya. 

Berikut 6 cara menghilangkan lemak perut yang sudah dibuktikan oleh para ahli: 

1. Hindari konsumsi gula dan minuman yang dimaniskan dengan gula 

Makanan dengan tambahan gula tidak baik untuk kesehatan. Sejumlah penelitian menunjukkan kelebihan gila bisa menyebabkan tumpukan lemak di sekitar perut dan hati. 

Anda sebaiknya mencoba untuk mengurangi jumlah gula dalam makanan dan mempertimbangkan untuk tidak mengonsumsi minuman manis seperti soda, jus buah, dan berbagai minuman olahraga tinggi gula. 

2. Konsumsi lebih banyak protein 

Protein merupakan makronutrien paling penting untuk menurunkan berat badan. 

Penelitian menunjukkan protein bisa menurunkan nafsu makan sampai 60%, meningkatkan metabolisme 80-100 kalori per hari, dan membuat Anda makan 441 kalori lebih sedikit per hari. 

Protein tidak hanya bisa membantu menurunkan berat badan tapi juga membantu menghindari kenaikan berat badan. 

Protein efektif dalam mengurangi lemak perut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein memiliki lebih sedikit lemak perut. 

Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya protein seperti telur utuh, kacang-kacangan, daging, dan susu. 

3. Batasi konsumsi karbohidrat 

Makan lebih sedikit karbohidrat merupakan cara yang sangat efekitif untuk menghilangkan lemak. 

Hal ini telah dibuktikan oleh banyak penelitian. Ketika seseorang mengurangi konsumsi karbohidrat maka nafsu makan dan berat badan mereka akan turun. 

Lebih dari 20 penelitian terkontrol secara acak telah menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat terkadang menyebabkan penurunan berat badan 2-3 kali lebih banyak daripada diet rendah lemak. 

4. Konsumsi makanan kaya serat 

Serat bisa membantu menurunkan berat badan. Serat yang mengikat air dan membentuk gel tebal di usus. 

Gel ini secara dramatis bisa memperlambat pergerakan makanan melalui sistem pencernaan. Serat juga bisa memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi. 

Efeknya, serat menciptakan rasa kenyang yang berkepanjangan dan nafsu makan berkurang. 

Sebuah penelitian menemukan tambahan 14 gram serat per hari dikaitkan dengan penurunan 10% asupan kalori dan penurunan berat badan sekitar 2 Kg selama 4 bulan. 

Penelitian lainnya yang dilakukan selama 5 tahun melaporkan bahwa mengonsumsi 10 gram serat larut per hari dihubungkan dengan penurunan 3,7% lemak di rongga perut. 

5. Olahraga teratur 

Olahraga menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peluang hidup lebih lama, sehat, dan terhindar dari penyakit. 

Selain itu, olahraga bisa membantu mengurangi lemak perut. Latihan beban dan kardiovaskular akan mengurangi lemak di seluruh tubuh. 

Aerobik, lari, jalan kaki, dan berenang bisa mengurangi lemak perut secara signifikan. 

6. Lacak asupan makanan Anda 

Melacak asupan makanan tidak berarti Anda harus menimbang dan mengukur semua makanan yang dikonsumsi. 

Melacak asupan sesekali selama beberapa hari berturut-turut bisa membantu Anda untuk menyadari area terpenting untuk perubahan. 

Perencanaan ke depan bisa membantu Anda mencapai tujuan tertentu, seperti meningkatkan asupan protein hingga 25%-30% kalori atau mengurangi karbihidrat yang tidak sehat. 

Baca Juga: Menurunkan berat badan, ini manfaat lompat tali untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru