kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanpa Obat, Berikut 4 Cara Alami yang Efektif Menurunkan Kolesterol


Rabu, 10 Agustus 2022 / 12:37 WIB
Tanpa Obat, Berikut 4 Cara Alami yang Efektif Menurunkan Kolesterol
ILUSTRASI. Tanpa obat, ada cara alami yang efektif menurunkan kadar kolesterol yang bisa Anda coba.


Sumber: Kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Tanpa obat, ada cara alami yang efektif menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yang bisa Anda coba, lo. Apalagi, kolesterol tinggi jadi salah satu penyakit yang juga orang muda alami.

Dilansir dari Healthline, kolesterol yang tinggi terjadi karena penumpukan zat berbasis lemak yang tidak larut dalam darah. Penumpukan kolesterol yang dibiarkan bisa berakibat pada penurunan kesehatan jantung hingga stroke. 

Beberapa dari gejala kolesterol tinggi ditandai dengan rasa nyeri dalam tubuh. Kendati demikian, beberapa bahan alami bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

​Cara alami untuk menurunkan kolesterol 

Terdapat beberapa cara untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sebagai contoh, penderita bisa memperbaiki pola makan dan rajin berolahraga secara teratur. 

Selain itu, cara menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi beberapa bahan alami berikut: 

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Gejala Gula Darah Tinggi, Ketahui biar Semakin Waspada Diabetes

1. Kacang hijau 

Makanan berupa kacang-kacangan juga dapat dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Sebanyak 26 penelitian menemukan, mengonsumsi satu porsi kacang hijau secara teratur bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Penelitian tersebut dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Hasil penelitian itu menunjukkan, kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

2. Bawang putih 

Dilansir dari Healthline, penelitian menunjukkan, mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. 

Pasalnya, bawang putih dapat memperlambat perkembangan aterosklerosis yang menyebabkan kolesterol tinggi. 

Selain kadar kolesterol dalam darah, mengonsumsi bawang putih juga bisa menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Bawang putih dapat dikonsumsi langsung atau dalam bentuk suplemen, seperti kapsul dan tablet.

Baca Juga: Mencegah Gula Darah Tinggi, Kopi Bisa Menurunkan Risiko Diabetes

3. Ikan 

Ikan merupakan makanan rendah lemak jenuh yang cocok untuk dikonsumsi saat mengontrol kadar kolesterol. Ikan kerap dikonsumsi bagi penderita kolesterol yang sedang melakukan diet. 

Soalnya, ikan mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskular yang berhubungan dengan kolesterol tinggi. 

American Heart Association (AHA) merekomendasikan, agar penderita kolesterol tinggi mengonsumsi ikan untuk menurunkan kolesterol. 

4. Ramuan alami 

Dilansir dari Kontan.co.id, ada beberapa ramuan alami yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Ramuan alami tersebut berdasarkan rekomendasi buku berjudul Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit karya Prof H. Hembing W. 

Berikut beberapa ramuan alami untuk menurunkan kolesterol tinggi: 

  • Lemon dan bawang putih 
  • Jahe dengan bawang putih 
  • Jahe dengan madu 
  • Wedang uwuh 
  • Sereh, jahe, dan gula merah 

Beberapa ramuan tersebut bisa dikonsumsi secara rutin untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kabar baiknya, mengonsumsi minuman herbal sesuai takaran tidak memicu efek samping. 

Itulah beberapa cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bahan Alami untuk Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat Tinggi"

Penulis: Alinda Hardiantoro
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×