Tanda awal diabetes tipe 2, langsung obati agar tidak semakin parah

Kamis, 17 Juni 2021 | 06:46 WIB Sumber: Kompas.com
Tanda awal diabetes tipe 2, langsung obati agar tidak semakin parah

ILUSTRASI. Tanda awal diabetes tipe 2, langsung obati agar tidak semakin parah

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Penyakit diabetes tidak bisa disembuhkan karena telah dideteksi. Padahal, ada tanda-tanda penyakit diabetes pada tahap awal yang bisa dikenali. Kenali tanda diabetes pada tahap awal agar lebih mudah diobati.

Diabetes tipe 2 adalah diabetes yang disebabkan tubuh tidak bisa memproduksi insulin secara cukup. Kondisi ini menyebabkan kadar gula seseorang menjadi tidak terkontrol. Oleh karena itu, mengenali tanda dan gejala awal dari kondisi kronis ini dapat mengurangi risiko komplikasi parah dan dapat memberikan perawatan yang tepat.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan bahwa diabetes tipe 2 merupakan kondisi yang umum terjadi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menemukan bahwa 30,3 juta orang dewasa di Amerika Serikat menderita diabetes tipe 2. Selain itu, diperkirakan 84,1 juta orang dewasa di Amerika Serikat juga menderita pradiabetes atau diabetes tahap awal.

Orang dengan pradiabetes atau diabetes tahap awal memiliki sejumlah tanda seperti kadar gula darah yang lebih tinggi dari normal, tetapi dokter belum menganggap mereka menderita diabetes. Penderita pradiabetes sering mengembangkan diabetes tipe 2 dalam waktu 5 tahun jika tidak mendapatkan pengobatan.

Orang yang menderita diabetes tipe 2 bisa bertahap dan gejalanya beragam, bisa ringan selama tahap awal. Hal ini menyebabkan banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka memiliki risiko tersebut.

Baca juga: Makanan dan minuman yang harus dihindari penderita diabetes

Berikut ini beberapa tanda awal diabetes tipe 2 yang biasa dialami oleh banyak orang, seperti dirangkum dari Medical News Today.

1. Sering buang air kecil

Salah satu tanda awal diabetes tipe 2 adalah sering buang air kecil. Ketika kadar gula darah tinggi, ginjal mencoba membuang kelebihan gula dengan menyaringnya keluar dari darah. Hal ini dapat menyebabkan seseorang perlu buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari.

2. Meningkatnya rasa haus

Lalu, tanda awal diabetes tipe 2 juga berupa meningkatnya rasa haus. Sering buang air kecil yang diperlukan untuk menghilangkan kelebihan gula dari darah dapat menyebabkan tubuh kehilangan air tambahan. Seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi dan menyebabkan seseorang merasa lebih haus dari biasanya.

Simak tanda-tanda awal diabetes tipe 2 di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru