kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak pakai kacamata, ini tips melihat gerhana


Rabu, 09 Maret 2016 / 07:24 WIB
Tak pakai kacamata, ini tips melihat gerhana


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Masyarakat diimbau untuk tidak melihat gerhana matahari, Rabu (9/3) nanti dengan penglihatan langsung karena bisa mengakibatkan gangguan mata.

Dokter spesialis mata RSUD dr Kanudjoso Balikpapan dr N Baskoro PK SpM mengimbau tidak boleh melihat dengan mata telanjang saat Matahari terbuka setelah tertutup Bulan.

Cahaya Matahari sesaat setelah tertutup Bulan berpotensi menyebarkan radiasi tinggi dan berbahaya untuk kesehatan mata. Saat itu radiasi yang berasal dari Matahari membahayakan retina hingga kebagian dalam makula.

Cahaya yang masuk mata merusak makula pada kedua bola mata, dan akhirnya bisa menyebabkan kerusakan penglihatan hingga kebutaan.

Makula adalah daerah kecil yang berbentuk bulat, terletak di bagian belakang retina dengan jarak sejauh 3,5 mm dari temporal dan 0,5 mm lebih kecil terhadap diskus.

Makula terlihat dengan mudah karena bebas dari pembuluh darah retina.  Di pusat makula terdapat daerah lekukan yang disebut fovea.

Fovea merupakan daerah yang terdiri dari sel‑sel konus. Sel konus itu sendiri sel berbentuk kerucut yang diperlukan untuk kemampuan melihat yang lebih rinci dan untuk menerima persepsi warna.

Radiasi yang keluar saat GMT merusak sel‑sel kerucut di makula, hingga membakar makula baik secara parsial ataupun masif.

Dari gelap terbitlah terang, di situlah letak bagian paling berbahaya dalam peristiwa GMT. Seperti tukang las yang harus melindungi matanya dengan kacamata dari sinar yang dihasilkan saat mengelas besi. Seperti itulah mata harus dilindungi saat menyaksikan GMT.

Sangat tidak disarankan bagi masyarakat melihat tanpa menggunakan pelindung. Kendati saat tertutupnya Matahari total, merupakan waktu aman memandang Matahari dengan leluasa.  Namun, kita perlu waspada ketika momentum berakhirnya GMT tersebut.

Penggunaan kacamata khusus dengan filter alumunium chromium atau filter perak (polaroid), media seperti baskom di air, lubang jarum, atau media apapun yang prinsipnya menghalangi pandangan mata langsung menatap Matahari. 

Jika kelewatan, dan terpapar sinar Matahari langsung apa yang harus dilakukan? Berikut langkah-langkahnya:

1. Segera palingkan wajah dan tutup mata selama 5 ‑ 15 menit

2. Lalu kompres mata dengan air dingin

3. Lalu buka mata perlahan‑lahan,

4. Jika penglihatan masih gelap, membayang atau bahkan tidak dapat melihat. Segera dibawa ke dokter mata untuk diperiksa. (S Malau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×