Tak Hanya Olahraga, Ini 4 Cara Menghilangkan Lemak Perut

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:19 WIB Sumber: Kompas.com
Tak Hanya Olahraga, Ini 4 Cara Menghilangkan Lemak Perut

ILUSTRASI. Tak Hanya Olahraga, Ini 4 Cara Menghilangkan Lemak Perut


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Olahraga adalah salah satu cara yang banyak dilakukan untuk menghilangkan lemak perut. Selain olahraga, ada cara lain yang perlu dilakukan untuk menghilangkan lemak perut.

Munculnya lemak perut bukan hanya memperburuk penampilan saja. Lemak perut bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan kronis.

Menurut psikolog dan ahli diet terdaftar David Creel, lemak perut atau lemak visceral adalah jenis lemak yang paling berbahaya. Para peneliti telah membuktikan bahwa kelebihan lemak perut bisa meningkatkan risiko penyakit metabolik seperti diabetes, penyakit jantung, sindrom ovarium polikistik, dan penyakit hati berlemak.

Namun sayangnya, menghilangkan lemak perut tidak semudah menghilangkan lemak di bagian tubuh lainnya. Bahkan, melakukan olahraga yang berfokus pada otor perut pun belum tentu bisa menghempaskan lemak perut. "Melakukan sit up saja tidak langsung menyingkirkan lemak perut. Jenis olahraga tersebut hanya memperkuat otot perut saja," ucapnya.

Cara menghilangkan lemak perut

Untuk menghilangkan lemak perut, kita bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

Baca Juga: Studi Baru, Penyintas Omicron Bisa Terinfeksi Covid-19 Kembali

1. Kurangi stres

Cara pertama menghilangkan lemak perut adalah mengurangi stres. Jika Anda merasa stres, tubuh Anda kemungkinan akan melepaskan hormon stres kortisol ke dalam aliran darah Anda.

Kortisol yang berlebihan juga akan meningkatkan lemak visceral. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan aktivitas relaksasi seperti yoga dan meditasi. “Selain efek kortisol, saat stres kita cenderung mengalihkannya dengan makanan yang bisa meningkatkan lemak tubuh," ucap Creel.

2. Makan lebih banyak serat

Cara kedua menghilangkan lemak perut adalah makan lebih banyak serat. Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buncis, lentil dan pisang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Makanan tersebut mengandung serat larut dalam jumlah tinggi, yang dapat memperlambat perjalanan makanan dari lambung ke usus dengan melarutkannya dalam air dan membentuk gel bergetah. “Jika Anda makan makanan yang lebih berserat, nafsu makan akan lebih terkontrol,” kata Creel.

3. Konsumsi protein

Cara ketiga menghilangkan lemak perut adalah konsumsi protein. Pastikan Anda menambahkan protein ke makanan Anda.

Protein membantu Anda tetap merasa kenyang, menurunkan kadar hormon rasa lapar, dan bahkan membantu Anda makan lebih sedikit pada waktu makan berikutnya, menurut penelitian. "Kita bisa mengonsumsi makanan tinggi protein seperti yogurt, daging, ikan, atau kacang-kacangan," ucap Creel.

4. Konsumsi karbohidrat kompleks

Cara keempat menghilangkan lemak perut adalah konsumsi karbohidrat kompleks. Karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta, keripik dan kerupuk memiliki sedikit serat dan dapat menyebabkan gula darah Anda melonjak.

Oleh karena itu, pilihlah karbohidrat kompleks seperti roti gandum, pasta utuh, beras merah dan kacang-kacangan. “Makan protein tanpa lemak, banyak sayuran, buah-buahan dalam jumlah sedang, biji-bijian dalam jumlah sedang dan produk susu rendah lemak, akan membantu Anda menghempas lemak perut," tambah Creel.

Itulah berbagai cara menghilangkan lemak perut secara mudah. Jangan lupa berolahraga secara rutin untuk menghilangkan lemak perut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Menyingkirkan Lemak Perut",

 

Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru