Swab antigen corona jadi pilihan karena murah, ini update lokasi test dan biayanya

Minggu, 15 November 2020 | 10:55 WIB   Reporter: Titis Nurdiana
Swab antigen corona jadi pilihan karena murah, ini update lokasi test dan biayanya

ILUSTRASI. Swab test antigen corona jadi alternatif pilihan banyak masyarakat, karena lebih akurat dari rapid dan lebih murah dari PCR. Tribunnews/Irwan Rismawan

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Biaya tes corona atau Covid-19 yakni swab test dengan  Polymerase Chain Reaction atau PCR terbilang mahal. Sesuai aturan Kementerian Kesehatan, batas atas biaya test corona atau covid-19 dengan test PCR maksimal Rp 900 ribu.

Meski sudah jauh lebih murah dibanding saat muncul perdana,  biaya tes PCR  Rp 900 ribu atas paparan corona atau Covid-19 oyi  bagi kebanyakan masyarakat masih terbilang mahal, apalagi jika dilakukan secara mandiri.

Padahal, test PCR adalah jenis test virus corona atau Covid-19 yang direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) karena tingkat akurasinya yang tinggi.

Masih mahalnya biaya test PCR paparan corona atau Covid-19,  banyak pihak yang memilih swab antigen. Selain lebih akurat dari rapid test, biaya test rapid antigen ini untuk mendeteksi paparan virus corona juga lebih murah dibanding test PCR.

Baca Juga: Swab antigen jadi favorit, lebih akurat dari rapid test dan lebih murah dari PCR

Test deteksi virus termasuk virus corona dengan rapid antigen adalah pemeriksaan antigen. Antigen adalah zat atau benda asing, seperti racun, kuman, atau virus yang masuk ke tubuh. 

Mayoritas antigen yang masuk ke tubuh berbahaya. Saat antigen masuk tubuh, akan memicu tubuh menciptakan sistem imunitas yang berfungsi membentuk zat kekebalan tubuh (antibodi) untuk berhadapan dengan antigen. 

Reaksi ini sebagai bentuk pertahanan alami tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit.

Virus corona yang masuk ke dalam tubuh akan terdeteksi sebagai antigen oleh sistem imunitas. Nah, antigen ini dapat dideteksi melalui pemeriksaan rapid test antigen.

Rapid test antigen untuk virus corona dilakukan dengan mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan melalui proses swab alias usap. Biaya  test swab antigen ini di rentang Rp 350 ribu sampai Rp 650 ribuan.

Berikut update biaya tes swab atigen terbaru berdasakan penelusuran KONTAN, per 15 November 2020:

Helix Lab Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Laboratorium yang berada di kota Depok, Jawa Barat ini mengaku menangani 1.500 sampel tes corona atau Covid-19 setiap hari.

Helix Lab menyebut menggynkan teknologi canggih dalam memeriksa tes corona atau Covid-19. Kemampauan menangani sampel awal untyuk tes corona dalam kapasitas besar menjadikan test di lab ini bisa ditekan menjadi lebih murah.

Tak cuma tes standar, seperi rapid, ada juga model pengujian mobile lab atau portable lab serta PCR swab bagi pasien yang mampu.

"Kami memahami betul urgensi penanganan cepat dan tepat dan ingin agar semua masyarakat dapat memperoleh fasilitas yang sama untuk tes COVID-19 dengan harga lebih murah," kata pendiri Helix Lab Hendry E Ramdhan, beberapa waktu lalu.

Adapun biaya pemeriksaan tes corona atau Covid-19 di Helix Lab sebagai berikut: tes PCR Rp 800.000, rapid test antibody Rp 95.000 dan swab antigen Rp 350.000.

Baca Juga: Daftar rumah sakit, klinik, lab test PCR Swab dengan tarif termahal Rp 900 ribu

Editor: Titis Nurdiana
Terbaru