CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Sulit hilangkan kantuk di siang hari saat berpuasa? Coba usir dengan tips berikut


Sabtu, 11 Mei 2019 / 07:30 WIB

Sulit hilangkan kantuk di siang hari saat berpuasa? Coba usir dengan tips berikut


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengantuk saat puasa banyak dirasakan oleh sebagian orang. Apalagi saat siang hari, puncak mengantuk akan sampai titik paling tinggi yang biasa dirasakan. Padahal saat menjalani puasa, kamu juga menjalani aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan rasa kantuk saat puasa? Mengutip dari berbagai sumber, ini tips hilangkan rasa kantuk saat puasa :


1. Perhatikan waktu tidur malam
Saat memasuki bulan puasa, biasanya aktivitas malam hari menjadi lebih banyak. Hal ini lantaran kamu biasanya akan menambah aktivitas seperti salat Tarawih atau membaca kitab suci al-qur'an.

Nah sebaiknya jika kamu sudah menyelesaikan aktivitas itu, segera pergi tidur. Hal ini lantaran kamu keesokan harinya akan bangun lebih pagi untuk sahur.

2. Ganti Aktivitas makan siang menjadi tidur siang sebentar
Sebenarnya rasa mengantuk tidak dipengaruhi oleh pola makan yang berubah. "Sebenarnya secara biologis siang hari memang waktunya kita merasa mengantuk. Baik saat berpuasa atau tidak. Jadi tidak ada hubungannya dengan rasa kenyang di perut," kata dr. Andreas Prasadja RPSGT, pakar kesehatan tidur.

Selama berpuasa, bukan hanya pola makan yang berubah, pola tidur pun ikut berubah. Kondisi ini bisa menyebabkan tubuh terasa lemas dan menurunnya konsentrasi.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa mengubah aktivitas makan siang menjadi tidur siang barang sejenak. Ia mengatakan bahwa tidur siang rupanya justru bisa meningkatkan konsentrasi.

"Kalau ada orang tidur siang jangan dibilang malas. Justru setelah tidur siang kita akan mendapatkan semua manfaat tidur, yaitu semangat, konsentrasi, sehingga produktivitas meningkat," katanya.

3. Bergerak atau berjalan kaki
Salah satu cara untuk menghilangkan rasa kantuk saat puasa adalah dengan bergerak atau berjalan kaki. Sebuah survei terhadap ratusan orang di Amerika Serikat mengatakan bahwa jalan kaki selama 10 menit dapat meningkatkan energi hingga dua jam ke depan.

Hal ini lantaran jalan-jalan ternyata mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah. Tak hanya itu, jalan-jalan juga dapat memompa oksigen menuju otak dan otot, sehingga rasa kantuk perlahan akan hilang.

Pasalnya rasa kantuk yang biasa datang di siang hari muncul karena otak kekurangan pasokan oksigen.

4. Mengobrol
Salah satu alternatif untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan mengobrol. Mengobrol bisa meningkatkan tingkat kewaspadaan serta kemampuan berkonsentrasi. Kamu bisa mengajak obrol rekan kantor untuk mengatasi rasa kantuk saat puasa.

Lebih lanjut, supaya efek menghilangkan kantuknya lebih terasa, dr. Barry Krakow menyarakan agar kamu mengobrol soal topik-topik yang cukup berat, tidak hanya sekadar basa-basi. 


Sumber : Grid
Editor: Tendi
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0013 || diagnostic_api_kanan = 0.0023 || diagnostic_web = 0.1611

Close [X]
×