kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45858,63   -4,24   -0.49%
  • EMAS1.341.000 0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suka Gym? Ini 6 Manfaat Olahraga Angkat Beban Bagi Kesehatan Tubuh


Sabtu, 08 Juni 2024 / 09:30 WIB
Suka Gym? Ini 6 Manfaat Olahraga Angkat Beban Bagi Kesehatan Tubuh
ILUSTRASI. Banyak manfaat olahraga angkat beban bagi kesehatan yang bisa didapatkan bagi Anda yang rajin gym.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat olahraga angkat beban bagi kesehatan yang bisa didapatkan bagi Anda yang rajin gym. Selain itu, manfaat olahraga angkat beban juga tidak perlu diragukan lagi khasiatnya.

Olahraga merupakan bagian integral dari gaya hidup sehat, dan salah satu bentuk olahraga yang semakin populer adalah angkat beban. 

Meskipun seringkali dianggap hanya untuk mereka yang ingin membangun massa otot, olahraga angkat beban sebenarnya memberikan sejumlah manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 9 Manfaat Jus Pisang Bagi Kesehatan, Cocok Jadi Sumber Energi Alami

Melansir dari Healthline, Latihan angkat beban secara teratur dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas Anda, serta mengurangi risiko cedera dan jatuh.

Selain itu, berikut beberapa manfaat olahraga angkat beban untuk kesehatan lainnya:

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Olahraga angkat beban dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Dengan melakukan latihan beban secara teratur, tekanan yang diberikan pada tulang akan merangsang pertumbuhan dan penguatan tulang. Ini sangat penting untuk mencegah osteoporosis, terutama pada wanita yang rentan terhadap kehilangan kepadatan tulang seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Deretan Makanan Diet Rendah Kalori yang Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan

Meningkatkan Metabolisme

Salah satu manfaat terbesar olahraga angkat beban adalah peningkatan metabolisme. Ketika kita melakukan latihan beban, tubuh akan membakar lebih banyak kalori, bahkan setelah latihan selesai. Pembakaran kalori yang berlebihan ini membantu dalam upaya penurunan berat badan atau pemeliharaan berat badan yang sehat.

Peningkatan Fungsi Jantung dan Pembuluh Darah

Olahraga angkat beban juga dapat memberikan manfaat kesehatan kardiovaskular. Meskipun tidak seintensif latihan kardio tradisional, latihan beban dapat membantu meningkatkan fungsi jantung dan pembuluh darah. Ini membantu mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit pembuluh darah lainnya.

Meningkatkan Keseimbangan Hormon

Olahraga angkat beban dapat meningkatkan produksi hormon-hormon yang berperan dalam pertumbuhan otot, pengelolaan stres, dan regulasi mood. Hormon-hormon seperti testosteron dan hormon pertumbuhan dapat meningkat, sementara hormon stres seperti kortisol dapat dikurangi. Ini berkontribusi pada perasaan kesejahteraan dan kebugaran mental.

Baca Juga: Manfaat Biji Semangka Untuk Melancarkan Pencernaan, Ada 9 Khasiat Penting

Mencegah Cedera dan Meningkatkan Postur Tubuh

Melakukan latihan angkat beban dengan benar dapat membantu memperkuat otot-otot di sekitar tulang belakang, sendi, dan otot inti. Hal ini tidak hanya dapat mencegah cedera pada bagian tubuh tersebut tetapi juga membantu meningkatkan postur tubuh secara keseluruhan. Postur yang baik dapat mengurangi risiko cedera pada sejumlah area tubuh dan meningkatkan kenyamanan sehari-hari.

Peningkatan Kualitas Tidur

Olahraga angkat beban dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas fisik yang teratur membantu tubuh untuk bersiap-siap untuk istirahat, dan istirahat yang cukup adalah kunci vital untuk kesehatan umum dan pemulihan otot.

Selanjutnya: Kemenkes Siapkan Bantuan Pembiayaan Bagi RS Pemerintah untuk Penerapan KRIS

Menarik Dibaca: 3 Promo Hokben Edisi Juni 2024, Pesan 2 Paket Makanan-Minuman Rp 66.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Bedah Tuntas Sengketa Pajak WP Badan: Pemeriksaan Pajak, Keberatan dan Banding di Pengadilan Pajak Mastering Financial Modeling

[X]
×